Home Peternakan Cara Budidaya Kutu Air di Rumah,Mudah dan Tanpa Biaya

Cara Budidaya Kutu Air di Rumah,Mudah dan Tanpa Biaya

Cara Budidaya Kutu Air

Agrozine.id – Cara budidaya kutu air. Salah satu kegunaan kutu air yang paling banyak dicari oleh para peternak ikan adalah untuk pakan anakan ikan atau burayak. Kutu air tidak memiliki bentuk tubuh seperti kutu pada umumnya dan tidak bersifat parasit.Hanya saja karena ukuran tubuhnya kecil dan hidup di dalam air,maka disebut kutu air. Ingin budidaya kutu air di rumah? Ini cara mudahnya.

Ada dua jenis kutu air yang banyak dibudidayakan saat ini,yaitu Daphnia dan Moina.Keduanya termasuk jenis udang renik. Daphnia adalah jenis kutu air yang banyak ditemukan di air tawar dan memiliki warna transparan atau bening. Daphnia merupakan jenis kutu air yang paling banyak dibudidayakan.

Cara Budidaya Kutu Air

Moina adalah jenis kutu air yang dijumpai di perairan yang mengandung banyak bahan organik seperti di rawa-rawa. Moina memiliki warna kemerahan.Kutu air memiliki kadar protein sekitar 66% dan lemak 6% sehingga baik untuk pertumbuhan burayak.

Sebagian orang menganggap kutu air adalah hewan yang mengganggu karena dapat membuat iritasi pada kulit.Tapi jika dibudidayakan dengan cara yang tepat,kutu air bisa menghasilkan uang. Kutu air termasuk hewan yang mudah dibudidayakan.

Cara budidaya kutu air dapat dilakukan di dalam wadah yang tidak terlalu tinggi namun luas.Jika kamu masih pemula,kamu bisa menggunakan ember sebagai wadah untuk membudidayakan kutu air.

Budidaya kutu air juga tidak membutuhkan biaya yang mahal,bahkan dapat dilakukan tanpa modal.Cara budidaya kutu air di rumah bisa kamu lakukan tanpa modal dengan cara mencari bibit kutu air di air got atau menumbuhkannya di sayuran busuk seperti kol,air susu dengan air teh dan ampas kedelai. Kamu juga bisa mendapatkan bibit kutu air dari kotoran ayam.

Membuat bibit kutu air dengan sayuran busuk adalah cara yang paling cepat dan mudah. Kol dapat digunakan sebagai media untuk membuat bibit kutu air.

Kamu hanya perlu membersihkan kol yang masih bagus dan menyimpannya di dalam wadah yang sudah disediakan untuk kutu air dan mendiamkannya selama satu minggu.Bibit kutu air akan tumbuh ketika kol busuk. Tetapi jangan menaruh kol di tempat yang terang,karena kutu air tidak menyukai sinar matahari secara langsung.

Setelah mendapatkan bibit kutu air maka kamu bisa mulai membudidayakannya. Kamu perlu memperhatikan kondisi airnya ketika membudidayakan kutu air. Air yang paling pas untuk budidaya kutu air adalah air got.

Tapi jika kamu menggunakan air bersih,terlebih dahulu diamkan air sampai kotoran di dalam air turun dan air menjadi keruh,lalu setelahnya kamu bisa memasukkan bibit kutu air ke dalam air tersebut.

Kamu bisa membudidayakan kutu air dengan cara yang mudah dan dilakukan di rumah saja.Bahkan kamu bisa melakukannya hanya bermodalkan sayuran sisa yang membusuk di rumah.Cukup simpel kan? Jika ditekuni,bisnis budidaya kutu air bisa menghasilkan untung yang lumayan juga nih.Semoga cara budidaya kutu air ini bermanfaat. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here