Home Kehutanan Cara Budidaya Mangrove, Ekosistem Pesisir yang Punya Banyak Manfaat

Cara Budidaya Mangrove, Ekosistem Pesisir yang Punya Banyak Manfaat

Cara Budidaya Mangrove

Agrozine.id – Mangrove atau dikenal juga dengan sebutan bakau adalah tumbuhan yang dapat tumbuh di sekitar garis pantai dan mangrove dapat tumbuh di perairan tropis maupun sub tropis. Lalu bagaimana cara budidaya mangrove? Simak langkah-langkah berikut ini ya.

Karena merupakan tanaman pesisir pantai, pertumbuhan mangrove sangat tergantung kepada pasang surut air laut. Mangrove termasuk tumbuhan yang unik karena dapat hidup di dua habita yaitu daratan dan lautan. Dalam kondisi yang sesuai, mangrove akan dapat tumbuh dengan ekstensif dan produktif.

Baca Juga : Struktur dan Komposisi Mangrove di Pulau Kemujan, Jepara

Jika bicara soal mangrove, ada banyak jenis mangrove yang perlu untuk dikenali yaitu sebagai berikut:

  • Overwash mangrove forest atau mangrove merah
  • Fringe mangrove forest
  • Riverine mangrove forest
  • Basin mangrove forest
  • Hammock forest
  • Scrub atau dwarf forest

Cara Budidaya Mangrove

1.Penyiapan Bibit

Bibit mangrove dapat diperoleh dari mengumpulkan buah mangrove untuk dijadikan bibit dan tingkat keberhasilan menanam mangrove menggunakan biji adalah sekitar 20-30%. Selain itu bibit mangrove juga bisa didapat dengan cara menyemai dan teknik ini memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi sekitar 60-80%.

Setelah bibit didapatkan, maka perlu diperhatikan beberapa cara menanam mangrove jika dilihat dari kondisi lingkungan tempat menanamnya. Pastikan tanah untuk menanam mangrove lapang dan datar, lalu pastikan juga air laut tidak surut sehingga tidak memerlukan penyiraman terlalu sering.

2. Pembibitan dan Penanaman

Setelah bibit ditemukan, tentu langkah selanjutnya sebagai cara budidaya mangrove adalah membibitkan dan menanam. Pembibitan mangrove bisa menggunakan polybag atau plastik, lalu disimpan terlebih dahulu selama 5-7 hari di tempat yang teduh.

3. Proses Pertumbuhan Mangrove

Mangrove bisa tumbuh dan berkembang menyesuaikan dengan faktor lingkungan yang menjadi faktor penting dalam mendukung pertumbuhan mangrove.

4. Tahap Pemeliharaan yang Tepat

Pemeliharaan dan perawatan pohon mangrove menjadi sebuah tantangan tertentu untuk petani, apalagi ketika memutuskan untuk cara budidaya mangrove.

Tahap memelihara mangrove adalah dengan membuat penyangga pada untuk menyokong tumbuh mangrove baru. Tahapan pemeliharaan ini dapat dilakukan dengan membuat katu atau bambu yang ditalikan pada batang tanaman lalu ditancapkan di sekitar tanaman mangrove tumbuh.

Baca Juga : Cara Budidaya Sukun

Untuk menghindari kerusakan pada ekosistem pohon mangrove,maka perlu dilakukan pengawasan secara rutin terhadap pertumbuhan mngrove.

Baca Juga : Ciri dan Manfaat Mangrove

Demikian informasi mengenai cara budidaya mangrove. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan baru dalam pemeliharaan lingkungan pesisir sebagai wilayah tempat tumbuh mangrove. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here