Home Perkebunan Cara Budidaya Tanaman Hias Aglaonema Menggunakan Biji

Cara Budidaya Tanaman Hias Aglaonema Menggunakan Biji

Tanaman hias aglaonema

Agrozine.id – Tanaman hias aglaonema atau lebih dikenal dengan nama sri rejeki merupakan tanaman hias yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh banyak orang. Kepopuleran tanaman hias yang satu ini dikarenakan memiliki tampilan yang menarik, mulai dari warna daun, bentuk, dan corak yang berbeda dari tanaman lainnya.

Perbanyakan dengan biji, sekarang sudah banyak dilakukan oleh para pecinta atau pembudidaya aglaonema. Perbanyakan dengan menggunakan biji di sebut-sebut sangat mudah dilakukan penanamannya.

 Tanaman Aglaonema

Tanaman hias aglaonema mulai berbunga setelah dewasa. Bunga tersebut berbentuk spadiks dengan bunga berwarna putih. Bunga tersebut akan berkembang menjadi buah bila telah terjadi penyerbukan dan pembuahan. Jika sudah matang, warna kulit buah akan berubah menjadi merah dan bijinya akan berwarna kecokelatan. Kulit buah matang ini akan mudah dikupas dari bijinya.

Biji yang akan disemai sebaiknya di jemur terlebih dahulu agar lebih menghasilkan kualitas tanaman yang bagus. Untuk mempercepat munculnya kecambah, rendam biji sekitar 2 atau 3 jam sebelum ditanam.

Tanam biji tersebut di pot tanaman atau polybag dengan media tanam yang steril. Media yang digunakan berupa campuran sekam bakar, coco peat, dan pasir. Pada awal dilakukan penanaman pada biji, lakukan penyiraman secara teratur agar tanaman cepat tumbuh hingga mengeluarkan cabang.

Sekitar 4-6 bulan kemudian, akan tumbuh tanaman hias aglaonema kecil. Bila telah mempunyai 3-5 daun, tanaman muda tersebut dapat dipindahkan ke dalam pot tunggal yang lebih besar.

Baca Juga : Cara Budidaya Philodendron dan Perawatannya

Setelah dipindahkan ke dalam pot yang lebih besar, jangan lupa untuk tetap melakukan perawatan pada tanaman aglaonema. Selain melakukan perawatan dengan penyiraman secara teratur, kamu bisa memberikan pupuk secara rutin sekitar dua minggu sekali. Biasanya pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK. Pupuk lain yang di pakai adalah Gandasil D, Vitabloom, Hyponex dan Growmore. Agar tanaman hias ini bisa tumbuh dengan baik dan daun yang di hasilkan juga cantik maka kamu harus rajin memberikan pemupukan dan berikan kelembaban sekitar 50 hingga 75 %.

Baca Juga : Cara Mudah Perbanyakan Tanaman Aglaonema

Lalu, jika ada serangan hama dan penyakit, maka segera lakukan pengendalian. Penyakit yang sering menyerang yaitu layu fusarium, kamu bisa mencegahnya menggunakan fungisida. Sedangkan, hama yang sering menyerang yaitu ulat. Kamu bisa langsung memusnahkan hama tersebut.

Baca Juga : Macam-macam tanaman Hias di Nusantara

Dan yang terakhir, aglaonema dikenal sebagai tanaman hias yang memiliki daun indah. Oleh sebab itu, untuk merawat daun aglaonema agar tetap mengkilap, kamu bisa gunakan susu untuk membersihkan daunnya dengan cara pengelapan menggunakan spon halus.

Baca Juga : Harga Tanaman Hias Jenis Monstrea

Demikianlah cara budidaya tanaman hias aglaonema dengan menggunakan biji. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menanam tanaman hias aglaonema ini di rumah? Selamat mencoba ! (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here