Home Perikanan Cara Membesarkan Ikan Arwana, Gak Sulit Kok?

Cara Membesarkan Ikan Arwana, Gak Sulit Kok?

Agrozine.id–Ikan arwana memang mempunyai harga yang mahal, arwana red baby se ekor 3 jutaan. Tentu, kamu yang ingin memeliharanya akan mencari tahu cara membesarkan ikan arwana agar hewan peliharaan tumbuh sempurna dan panjang umur. Sebenarnya, arwana merupakan jenis ikan yang mudah dipelihara khususnya yang sudah dewasa.

 

Untuk kamu yang penasaran, yuk simak cara membesarkan Ikan Arwana yang telah dipersiapkan tim agrozine.id unutk kamu.

 

Persiapan tank

Sebelum membeli bibit arwana, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan tank dengan konsep yang kamu inginkan. Entah itu. konsep natural yang menggunakan hardscape dan tanaman yang menyesuaikan habitat aslinya. Bisa juga, kamu memilih konsep simple dengan biaya yang lebih murah.

 

Tentunya, semua tank tersebut sudah harus kamu persiapkan minimal seminggu sebelum kamu membeli bibit arwana. Waktu seminggu ini, cocok untuk membuat air lebih natural karena sudah ada proses filtrasi atau tanaman sudah beradaptasi dengan baik. Selain itu, mempersiapkan tank lebih dahulu bisa membuat kamu mengkonsep ulang bila tidak sesuai dengan visual yang kamu harapkan.

 

Filter air

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf sebelumnya, ikan akan lebih mudah beradaptasi dan tidak kaget pada tank yang sudah berumur seminggu atau lebih. Dengan catatan, filter air sudah berjalan. Sistem filter yang digunakan, yaitu canister, undergravel, filter samping atau atas, baik kimiawi atau biologis.

 

Untuk pemula dan kemudahan penggantian filter, kamu bisa menggunakan sistem filter samping atau atas dengan menggunakan power head.Penggunaan filter mencegah ikan mudah terkena penyakit karena air yang kotor dan mengendap begitu saja.

 

Scape

Pada cara membesarkan ikan arwana, kamu bisa memilih tank dengan scape atau tanpa scape. Bila berniat menggunakan scape yang tingkat perawatannya rendah, kamu bisa menggunakan hardscape seperti kayu dan batu. Selain itu, kamu yang sudah ahli bisa naik tingkatan menggunakan tanaman hidup yang butuh perhatian khusus, peralatan, dan biaya perawatan yang tidak kalah besar dari memelihara ikan.

 

Pencahayaan

Khusus ikan Arwana kamu bisa menggunakan lampu UV agar memaksimalkan corak yang ada. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lampu LED agar tidak membuat evaporasi atau penguapan air lebih cepat. Pencahayaan yang baik yaitu, maksimal 12 jam agar ikan bisa istirahat dengan tenang. Kamu bisa menggunakan timer alat yang bisa menyesuaikan durasi dan waktu tertentu agar lampu menyala atau mati.

 

Suplai udara

Bila kamu menggunakan penutup akuarium, aerator harus ada agar suplai oksigen tetap terjaga. Selain itu, bila menggunakan tanaman hidup suplai oksigen bisa tercukupi. Begitu juga dengan sistem filter samping dan atas, udara akan terikat oleh air yang jatuh atau di permukaan air.

 

Tank mate

Arwana merupakan ikan predator yang memungkinkan saling melukai bila kamu pelihara di tempat yang kecil. Jadi kamu tidak bisa memelihara dua ikan arwana dalam satu tempat bila takut bila anggota tubuh mereka rusak. Tetapi, kamu bisa memelihara ikan kecil seharga 5 ribuan selain untuk menghias bisa menjadi kudapan arwana. Pastikan, ikan yang kamu beli sehat agar tidak menjadi penyakit untuk arwana.

 

Makanan

Ikan arwana merupakan hewan predator yang suka memangsa serangga dan hewan kecil lainnya. Kamu bisa menggunakan serangga seperti jangkrik, ulat, ikan, anak katak. Untuk umpan hidup, pastikan tidak ada parasit pada tubuh umpan sehingga arwana juga tidak terserang penyakit. 

 

Untuk cacing sutra, sangat tidak disarankan menggunakan cacing hidup yang tidak terjamin. Lebih baik menggunakan cacing beku. Selain itu, kamu bisa menggunakan pakan ikan pabrikan.

 

Itulah cara membesarkan ikan Arwana yang bisa kamu sesuaikan dengan karakter kamu. Entah itu kamu lebih suka yang simple, medium, atau sulit untuk perawatan komponen lainnya. Apa pun pilihan kamu, pastikan selalu mengganti air sebulan sekali dengan membuang 30-50% air yang lama dan sering mengganti lapisan filter. -Dan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here