Home Pertanian Cara Membuat Lubang Biopori dan Manfaatnya

Cara Membuat Lubang Biopori dan Manfaatnya

Agrozine.id – Saat musim kemarau atau banjir terjadi, sering timbul permasalahan kurangnya pasokan air tanah terutama di area perkotaan. Untuk mengatasi hal tersebut, membuat lubang resapan atau biopori bisa menjadi solusi. Dalam artikel ini agrozine akan membahas cara membuat lubang biopori dan manfaatnya.

Biopori adalah teknologi alternatif dan sederhana untuk penyerapan air hujan. Pembuatan biopori pada umumnya ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Menurut beberapa sumber, lubang biopori efektif untuk mengatasi masalah kekeringan, banjir dan sampah. Cara kerja biopori adalah dengan meningkatkan daya serap air tanah, mengubah bahan organik menjadi kompos, memanfaatkan peran aktivitas makhluk hidup di dalam tanah dan mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh genangan air seperti penyakit demam berdarah dan malaria.

 

Cara Membuat Lubang Biopori

Membuat lubang biopori sebenarnya tidaklah sulit. Yang perlu disiapkan adalah lahan atau lokasi pembuatan lubang, bisa di halaman rumah.

1.Alat dan Bahan yang Diperlukan

  • Bor tanah
  • Pipa PVC dan penutup yang bagian sisinya sudah dilubangi
  • Sampah organik
  • Air

2.Cara Membuat Lubang Biopori

  • Pilihlah lokasi yang biasanya banyak air tergenang dan basahi area tersebut untuk memudahkan penggalian lubang
  • Buatlah lubang sepanjang 100 cm dengan diameter 8 cm menggunakan bor biopori
  • Letakkan bor tegak lurus lalu putar searah jarum jam untuk membuat lubang galian
  • Beri adonan semen di bibir lubang biopori yang sudah dibuat agar lubang tidak tertutup tanah atau material lain
  • Isi lubang biopori dengan sampah organik setiap harinya agar diubah menjadi pupuk kompos
  • Beri penutup pada lubang biopori

 

Manfaat Lubang Biopori

Lubang biopori memiliki banyak manfaat. Selain untuk mencegah banjir dan mengatasi kekeringan, berikut adalah manfaat lubang biopori:

1. Mereduksi banjir di daerah perumahan

Daerah perumahan di kota besar seperti Jakarta kerap kali mengalami banjir. Salah satu manfaat lubang biopori adalah untuk mereduksi banjir. Siste drainase yang buruk juga sering menjadi penyebab banjir di daerah perkotaan. Lubang biopori dapat mencegah banjir dengan cara meningkatkan kemampuan daya serap air tanah.

2. Mengurangi sampah organik

Proses pembuatan lubang biopori membutuhkan sampah organik, sehingga secara langsung pembuatan lubang biopori akan mengurangi jumlah sampah organik. Dengan adanya lubang biopori membantu masyarakat melakukan pemilahan sampah sebeum membuangnya ke tempat pembuangan akhir.

3. Membantu menyuburkan tanah

Sampah organik yang dimasukkan ke dalam lubang biopori akan berubah menjadi pupuk kompos. Oleh karena itu pembuatan lubang biopori juga dapat membantu menyuburkan tanah.

4.Meningkatkan debit air tanah

Manfaat selanjutnya dari lubang biopori adalah meningkatkan debit air tanah. Terowongan kecil yang dibuat cacing tanah dalam lubang biopori secara tidak langsung akan meningkatkan luas resapan tanah. Dengan begitu kapasitas tanah untuk menampung air akan meningkat.

 

Demikianlah cara membuat lubang biopori dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here