Home Pertanian Cara Memilih Benih Jagung Varietas Hibrida yang Tepat

Cara Memilih Benih Jagung Varietas Hibrida yang Tepat

benih jagung hibrida

Agrozine.id – Sebelum kamu memulai untuk menanam jagung varietas hibrida, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui cara memilih benih jagung hibrida yang tepat agar panen bisa sukses. Pada kesempatan kali ini tim Agrozine.id akan menyampaikan informasi mengenai cara memilih benih jagung hibrida. Simak artikel ini baik-baik ya.

Benih Jagung - Cara Mendapat Benih Jagung Super Hibrida benih ...

Penggunaan varietas unggul memiliki peranan penting dalam upaya peningkatan produktivas jagung. Dalam memilih varietas jagung sebaiknya melihat deskripsi varietas terutama potensi hasilnya, ketahanannya terhadap hama atau penyakit. Selain itu juga, ketahanannya terhadap kekeringan, tingkat kemasaman tanah, umur tanaman, warna biji dan disenangi baik petani maupun pedagang.

Penggunaan benih yang berkualitas merupakan langkah awal agar dalam usahatani jagung dapat sukses dan berhasil. Sekarang kamu sudah dapat menemukan benih jagung varietas hibrida di toko-toko pertanian. Adapun cara memilih benih jagung varietas hibrida yang tepat agar panen sukses yaitu:

  • Benih jagung hibrida yang berkualitas dikemas dengan wadah plastik yang kedap air, udara dan cahaya. Kemasan tertera nama varietas, berat bersih, merek dagang, nama dan alamat produsen atau distributor yang jelas, kemasan dicetak dengan tinta yang berkualitas dan tidak mudah terkelupas.
  • Hanya ada satu label dalam kemasan, label tertulis keterangan mengenai Nomor lot, Nama produsen, Nama varietas tanggal pengujian, habis masa berlakunya label, kemurnian benih, stempel produsen, label berwarna biru dengan tulisan berwarna hitam.
  • Asal-usul benih jagung jelas, kamu bisa cek dikemasannya terkait dengan perusahaan yang memproduksi pada kemasan benih dan sudah teruji, asal usul genetik, telah direlease oleh pemerintah dan nomor surat keputusan, dan biasanya dijual resmi oleh badan usaha, agen maupun
  • Benih yang berkualitas telah diberi perlakuan (Seed treatment) dengan pestisida, setiap berat 20 kg dikemas lagi menggunakan kertas karton tebal untuk menjaga agar tidak rusak pada waktu pengangkutan dan penyimpanan
  • Informasi lainnya kamu bisa mendapatkannya di brosur hasil ujicoba penelitian perusahaan pembuat benih atau di internet.

Setelah mendapatkan benih yang diingankan, kamu sebaiknya melakukan pengujian daya kecambah benih. Benih yang baik adalah yang mempunyai daya tumbuh lebih dari 90%. Hal ini penting karena dalam budidaya jagung tidak dianjurkan melakukan penyulaman tanaman yang tidak tumbuh dengan menanam ulang benih. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here