Home Populer Cara Memperbanyak Aglaonema dengan Bonggol Biar Cepat Tumbuh Tunas

Cara Memperbanyak Aglaonema dengan Bonggol Biar Cepat Tumbuh Tunas

memperbanyak Aglaonema dengan bonggol

Agrozine.id – Ada banyak cara memperbanyak tanaman hias Aglaonema. Salah satu cara mudah yang bisa kamu praktekkan langsung yaitu dengan potong bonggol. Kamu sudah tau cara memperbanyak Aglaonema dengan bonggol? Jika belum, simak ulasannya berikut ini!

Bagi kamu yang ingin memperbanyak Aglaonema dengan menggunakan cara potong bonggol ini, terdapat tips agar bonggol tersebut bisa tumbuh subur dan bertunas banyak. Apa saja yang harus diperhatikan?

1. Perhatikan bonggol yang akan dicacah apakah sehat atau tidak. Jika ada bagian bonggol yang rusak atau berpenyakit, maka sebaiknya dipotong dan jangan dibiarkan.

2. Sebelum menanamnya, bersihkan bonggol Aglaonema terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan sterilisasi dengan merendamnya dengan antijamur atau antibakteri.

3. Kemudian, potong bonggol Aglaonema yang sudah bersih dan sehat menjadi beberapa bagian ruas.

Baca juga: Awas! Hindari 5 Kesalahan Dalam Merawat Aglaonema

4. Langkah selanjutnya angin-anginkan beberapa saat, setelah itu tutup luka sayatan dengan menggunakan fungisida dan perangsang akar seperti B1.

5. Setelah itu, bonggol Aglaonema bisa langsung dimasukkan ke dalam media tanam berupa campuran sekam dan tanah. Perbandingan sekam dan tanah adalah 2:1, jadi lebih banyak sekamnya daripada tanah agar media tanam tidak terlalu padat, sehingga akar dan tunas nantinya tidak sulit untuk tumbuh.

6. Jangan menanam bonggol secara keseluruhan ke media tanam. Jadi, cara menanam bonggol ke media tanam adalah tidak membiarkan bonggol bagian atas tertutupi semua, agar bonggol bisa bernapas.

7. Lakukan penyiraman menggunakan air yang dicanpur fungisida untuk memastikan media tanam juga steril.

8. Masukkan potongan bawang merah ke dalam pot. Potongan bawang merah membantu merangsang pertumbuhan tunas sekaligus membunuh jamur yang mengganggu pertumbuhan tunas.

9. Langkah terakhir dalam menanam bonggol Aglaonema adalah sungkup (dikurung atau dibungkus) dengan plastik bersih selama satu minggu.

10. Letakkan pot di tempat yang teduh. Setelah 2-4 minggu, bonggol Aglaonema akan mengeluarkan tunas.

Baca juga: 20 Jenis Aglaonema yang Hits dan Populer di Indonesia, Mana Favoritmu?

Nah, itulah cara memperbanyak Aglaonema dengan bonggol agar tunas baru cepat tumbuh. Cara ini merupakan salah satu cara perbanyak Aglaonema yang mudah. Selamat mencoba! (ran)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here