Home Pertanian Cara Menanam Bunga Sedap Malam di Pot Rumah

Cara Menanam Bunga Sedap Malam di Pot Rumah

Agrozine – Pasti kamu sudah tidak asing dengan tanaman hias satu ini. Sesuai namanya, bunga sedap malam mekar pada malam hari dan mengeluarkan aroma khas yang eksotis dan manis. Kandungan minyak atsiri pada bunga asal Meksiko ini kerap digunakan sebagai campuran parfum. Selain wangi, Tuberose juga berkhasiat mengobati rematik, radang tenggorokan, dan flu. Untuk memperindah pekarangan rumah, cobalah tambahkan semerbak bunga ini. Simak cara menanam bunga sedap malam di pot rumah berikut!

  1. Pemilihan Bibit

Sebelum mulai menanam bunga sedap malam, kamu perlu menyiapkan langkah berikut. Dalam pemilihan bibit, pastikan kamu menggunakan bibit unggul bunga sedap malam. Bibit berasal dari tanaman induk yang sudah tua dengan usia sekitar 1,5 tahun dan sering berbunga. Pastikan bibit bunga sedap malam masih memiliki umbi yang tidak lecet, dengan tinggi sekitar 1-2 cm. Setelah mendapatkan bibit, ambil umbi dari tanaman tersebut dan potong akar-akarnya. Keringkan umbi dan simpanlah bibit selama 1 bulan sebelum digunakan.

 

  1. Persiapan Media Tanam

Sambil menunggu bibit siap ditanam, kamu dapat menyiapkan media tanam bunga sedap malam terlebih dulu. Penanaman bunga di pot menggunakan campuran media tanam tanah, arang sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingannya masing-masing 1:1:1. Setelah media tanam tercampur rata, kamu dapat memasukkannya ke dalam pot yang akan digunakan. Pastikan wadah pot memiliki lubang-lubang kecil pada bagian dasarnya agar sistem drainase baik.

 

  1. Penanaman Bibit

Nah, setelah bibit didiamkan selama 1 bulan, kamu dapat memulai proses penananam bibit bunga sedap malam. Masukkan campuran media tanam yang telah disiapkan ke dalam wadah pot hingga terisi ¾ bagian. Kemudian, buat lubang tanam sedalam 5 cm dan masukkan umbi tersebut. Tutup kembali lubang dengan media tanam dan padatkan. Lakukan penyiraman dengan air secukupnya menggunakan sprayer.

 

  1. Perawatan Bunga

Setelah langkah penanaman selesai, lakukan perawatan terhadap tanaman sedap malam agar tumbuh optimal di pekarangan rumah dan terhindar dari serangan hama dan penyakit. Siramlah tanaman dengan frekuensi 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari. Tanaman bunga ini membutuhkan banyak air pada fase awal penanaman agar tunas cepat tumbuh. Setelah tumbuh besar, kamu dapat mengurangi intensitas penyiraman menjadi satu kali sehari pada pagi atau sore hari. Selain itu, lakukan pemupukan untuk menambah nutrisi tanaman setelah berusia 6 bulan.  Gunakan campuran pupuk kompos dan pupuk kandang dengan perbandingannya masing-masing 1:1. Tanaman sedap malam dapat terserang hama seperti belalang dan ulat tanah ataupun penyakit busuk umbi dan layu daun. Untuk itu, lakukan penggemburan tanah dan semprotkan insektisida juga fungisida untuk mencegah secara berkala.

 

Gampang kan? Itu dia cara menanam bunga sedap malam di pot untuk memperindah pekarangan rumah. Bunga sedap malam tidak perlu dipanen jika kamu ingin membudidayakannya bertahun-tahun. Setelah tujuh hingga delapan bulan ditanam, kamu dapat melihat satu atau dua kuntum bunga yang tumbuh. (rin)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here