Home Pertanian Cara Menanam Microgreens Basil Lemon dengan Rockwool

Cara Menanam Microgreens Basil Lemon dengan Rockwool

microgreens dengan media tanam rockwool

Agrozine.id – Tanaman basil lemon atau lebih dikenal dengan kemangi merupakan salah satu jenis tanaman herbal terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas dengan sentuhan aroma limau. Menariknya, basil lemon bisa dijadikan sebagai tanaman microgreens. Sistem penanaman microgreens ini bisa dilakukan dengan berbagai media tanam, salah satunya yaitu rockwool. Nah, pada artikel kali ini, kami akan uraikan bagaimana cara menanam microgreens basil lemon dengan media tanam rockwool yang baik dan benar.

Sebelumnya perlu diketahui, apa sih rockwool itu? Jadi, rockwool merupakan salah satu mineral fiber atau mineral wool yang sering digunakan sebagai media tanam hidroponik. Media tanam rockwool memiliki kemampuan  menahan air dan udara (oksigen untuk aerasi) dalam jumlah besar yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan akar dan penyerapan nutrisi pada metode hidroponik. Struktur serat alami yang dimiliki rockwool juga sangat baik untuk menopang batang dan akar tanaman sehingga dapat tegak dengan stabil.

Daripada semakin penasaran, simak menanam microgreens basil lemon dengan media tanam rockwool di bawah ini yuk!

Jual Benih Microgreens RADISH Sprout 5 gr - repack - Kota Bandung ...

Cara Menanam Microgreens Basil Lemon dengan Rockwool

  1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan microtray yang akan digunakan sebagai wadah microgreens yang akan kita tanam.
  2. Kemudian, isi microtray tersebut dengan air secukupnya pada penampung air di bagian bawah microtray.
  3. Setelah itu, siapkan rockwool dengan kualitas yang bagus. Kamu bisa membelinya di toko pertanian.
  4. Lalu basahi rockwool tersebut hingga menjadi lembap.
  5. Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada rockwool yang sudah lembap tersebut.
  6. Berikutnya, buka kemasan benih basil lemon yang sudah dibeli di toko pertanian dan taburkan benih tersebut ke lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya.
  7. Selanjutnya, tutup benih yang disemai tersebut menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau warna gelap.
  8. Simpan di tempat yang teduh dan terhindar dari cahaya matahari langsung. Tunggu hingga pecah benih atau sekitar 2-3 hari.
  9. Jika sudah pecah benih, buka penutup semaian tersebut dan langsung pindahkan semaian ke tempat yang cukup terkena sinar matahari.
  10. Tetap jaga terus kelembapan rockwool dengan cara menyemprotkan air menggunakan sprayer.
  11. Kamu bisa menambahkan larutan nutrisi hidroponik AB mix agar tanaman basil lemon tersebut bisa tumbuh dengan baik.
  12. Setelah tanaman basil lemon berumur 10-14 hari, kamu bisa memanennya dengan cara memotong batang bagian bawah dekat dengan media tanam menggunakan gunting khusus yang tajam.

Demikianlah cara menanam microgreens basil lemon dengan menggunakan media tanam rockwool. Jika kamu tertarik untuk menanamnya, lakukanlah cara di atas dengan baik agar tanaman yang kamu tanam dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan kualitas yang baik. Selamat mencoba ! (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here