Home Perkebunan Cara Menanam Pohon Bidara di Rumah, Mudah Kok!

Cara Menanam Pohon Bidara di Rumah, Mudah Kok!

cara menanam pohon bidara
jujube, fruit tree of mediterranean countries,

Agrozine.id – Pernahkah kamu melihat pohon bidara? Pohon ini merupakan salah satu pohon yang tertulis di Al-Quran dan diyakini dapat mengusir jin. Jika kamu ingin menanamnya di rumah untuk mengusir makhlus halus, yuk simak cara menanam pohon bidara berikut ini.

Selain diyakini sebagai pengusir makhluk halus, sebuah penelitian menyebutkan, daun bidara memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak atsiri terdapat dalam daun bidara.

Baca juga: Cara Menanam Ubi Jalar, Agar Berbuah Lebat

Bidara atau widara yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana adalah sejenis pohon yang tumbuh di daerah kering. Pohon ini diperkirakan berasal dari Asia Tengah. Pohon bidara biasanya tumbuh sekitar 6-15 meter dengan ranting dan cabang yang beberapa bagiannya terdapat duri. Permukaan daunnya halus, berwarna hijau, dan berbentuk elips.

Kini pohon bidara mulai ditanam secara komersial di berbagai negara, seperti India, China, Thailand, Indonesia, dan banyak negara lainnya.

Cara Menanam Pohon Bidara

  1. Persiapan Persemaian

Siapkan buah bidara yang berwerna coklat kemerahan dan tidak ada cacat sedikitpun. Lalu, keluarkan biji dari buah. Bersihkan permukaan biji dengan cara digosok dengan lembut. Bersihkan biji tersebut dan jemur kurang lebih 5 jam.

Kemudian biji-biji yang sudah mengering itu dipecah cangkangnya. Pastikan untuk menumbuk dengan hati-hati supaya biji di dalamnya tidak ikut pecah. Biji-biji yang sudah dikeluarkan dari cangkangnya itu kemudian direndam semalaman menggunakan campuran air bersih dan ZPT. Tujuan perendaman ini supaya proses perkecambahan bijinya lebih cepat.

Baca juga: Cara Budidaya Buah Plum
  1. Penyemaian benih

Biji-biji yang sudah direndam semalaman kemudian disemaikan pada wadah yang sudah diberi tisu sebagai alasnya. Kemudian, siram dengan air menggunakna sprayer. Wadah penyemaian kemudian ditutup dengan plastik berwarna gelap selama 2 sampai 3 hari. Nantinya biji akan tumbuh akarnya yang artinya benih bidara siap untuk dipindah ke polybag.

  1. Penanaman benih ke polybag

Pertama, siapkan media tanam berupa tanah humus, pupuk kandang, serta sekam padi dengan perbandingan sama. Lalu, campur media tanam dan masukkan ke dalam polybag.

Sebelum benih di tanam, siram bagian atas media tanam dan buat lubang tanam. Masukkan biji yang sudah disemai ke dalam lubang dengan posisi akar di bawah dan tutup Kembali bagian atas.

  1. Perawatan tanaman bidara

Tanaman bidara yang sudah di tanam letakkan di area terbuka yang terkena cahaya matahari. Akan tetapi sebaiknya berikan naungan di atasnya supaya intensitas sinar matahari tidak berlebih. Lakukan penyiraman secukupnya, bisa disesuaikan dengan kondisi tanahnya.

Biasanya dalam waktu seminggu benih sudah tumbuh dan menghasilkan 2 helai daun muda. Tanaman bidara bisa dipindahkan ke lahan saat batangnya sudah cukup tinggi dan akarnya yang mulai menembus bagian bawah polybag.

Baca juga: Cara Budidaya Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah

Perawatan tetap harus dilakukan sampai pohon bidara memasuki masa panen. Perawatan yang bisa dilakukan adalah penyiraman terutama saat kondisi tanahnya kering, pemupukan serta penyiangan gulma.

Jika tanaman bidara tumbuh dengan baik tanpa terkendala oleh hama atau kerusakan apa pun, di tahun kedua pohon ini sudah akan berbuah. Setelah buahnya dipanen, disarankan untuk memangkas bunga-bunga yang muncul dari pucuk baru.

Nah, itulah cara menanam pohon bidara yang dipercaya dapat mengusir jin di rumah. Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat ya. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here