Home Pertanian Cara Menanam Tumpang Sari Jagung dengan Kacang Tanah

Cara Menanam Tumpang Sari Jagung dengan Kacang Tanah

tumpang sari jagung dengan kacang tanah

Agrozine.id – Sektor pertanian pangan menjadi prioritas penting dalam pembangunan nasional. Untuk memproduksi produk pertanian secara optimal kadangkala terbentur masalah ketersediaan lahan. Maka dari itu, tidak sedikit petani yang menerapkan budidaya pertanian dengan teknik tumpang sari. Tumpang sari merupakan suatu usaha pertanian yang melibatkan penanaman beberapa jenis tanaman pada lahan dan waktu yang sama, yang diatur sedemikian rupa dalam barisan-barisan tanaman. Penanaman jenis ini memiliki tujuan mengoptimalkan lahan yang tidak terpakai sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal. Salah satu model tumpang sari yang sering dilakukan petani yaitu antara tanaman jagung dengan tanaman kacang tanah. Nah, pada artikel kali ini tim Agrozine.id akan membahas mengenai cara menanam tumpang sari tanaman jagung dengan kacang tanah.

Sebelumnya, perlu diketahui syarat-syarat penanaman dengan teknik tumpang sari yang baik dan benar, antara lain yaitu tanaman pendamping tumpang sari harus bisa mendukung perkembangan tanaman pokok dan tidak saling bersaing dengan negatif.

Berikut ini adalah langkah-langkah menanam model tumpang sari tanaman jagung dengan kacang tanah:

  1. Penentuan musim tanam

Ketika akan melakukan teknik tumpang sari antara tanaman jagung dan kacang tanah, sebaiknya pilih antara bulan mei, juni dan juli ketika hampir mamasuki musim kemarau. Musim ini sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman jagung dan kacang.

  1. Persiapan lahan

Langkah selanjutnya, persiapkan lahan yang akan ditanami dengan teknik tumpang sari. Caranya yakni:

  • Gemburkan tanah dengan cara dicangkul
  • Buatlah bedengan dengan model sepasang-sepasang dengan jarak 1 meter
  • Kemudian, buat celah untuk pengairan sekitar 40 cm diantara bedengan
  1. Penanaman kacang tanah

Pada pola tumpang sari ini, kacang tanah ditanam terlebih dahulu sebelum menanam jagung. Caranya yaitu:

  • Siapkan biji kacang tanah yang berkualitas
  • Tanam 2 biji kacang tanah pada setiap lubang tanam sedalam kurang lebih 3-5 cm pada pinggiran bedengan
  • Beri jarak tanam untuk kacang tanah sekitar 15 cm
  • Tunggu hingga muncul beberapa daun kacang tanah atau berumur sekitar 3 minggu
  • Penanaman kacang tanah tidak memerlukan perawatan yang intensif
  1. Penanaman jagung

Setelah kacang tanah ditanam dan berumur kurang lebih 3 minggu, selanjutnya adalah penanaman tanaman jagung. Caranya yaitu:

  • Siapkan benih jagung yang berkualitas
  • Lalu, buat lubang tanam sedalam 2-3 cm di tengah bedengan dengan cara tugal
  • Tanam 2 benih dalam setiap lubang tanam tersebut
  • Beri jarak tanam untuk tanaman jagung sekitar 15-20 cm
  • Lakukan pengairan pada bednegan dengan interval 10-14 hari sekali
  1. Pemeliharaan

Setelah dilakukan penanaman kedua tanaman, langkah selanjutnya yaitu melakukan pemeliharaan tanaman,antara lain yaitu:

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada saat awal penanaman dan saat tanaman berumur 1 bulan. Dosis pupuk keseluruhan yang digunakan untuk jagung adalah 120 kg Urea, 65 kg SP36 dan 50 kg KCL. Sedangkan, dosis pupuk untuk kacang tanah adalah 40 kg Urea, 80 kg SP-36.

Cara pemupukan yaitu semua pupuk yang akan diberikan dicampur jadi satu, kemudian dibuat larikan dekat barisan tanaman (sekitar 5 cm dari barisan tanaman dengan kedalaman antara 5-7 cm), pupuk ditabur sepanjang larikan kemudian ditutup kembali dengan tanah.

  • Penyulaman

Penyulaman untuk tanaman jagung dilakukan antara 4-7 hari setelah tanam, sedangkan untuk kacang tanah antara 5-10 hari setelah tanam.

  • Penyiangan

Proses penyiangan dengan cara mencabut gulma yang tumbuh di sekitar tanaman, setidaknya dilakukan minimal 2 kali atau menyesuaikan kondisi gulma.

  • Penanggulangan hama penyakit

Jika muncul gejala penyakit atau hama yang menyerang tanaman, segera lakukan pengendalian menggunkan fungisida, insektisida, atau bahan pembasmi lainnya.

  1. Pemanenan

Kamu dapat memanen tanaman kacang tanah saat berumur sekitar 3 bulan. Sedangkan untuk tanaman jagung saat sudah berumur sekitar 3,5 bulan.

Demikianlah cara menanam tanaman jagung dan kacang tanah dengan teknik tumpang sari. Sangat mudah bukan? Tentunya hasilnya pun lebih menguntungkan karena bisa panen 2 komoditas sekaligus. Jika kamu tertarik untuk menanam tumpang sari tanaman jagung dengan kacang tanah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya. (ran)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here