Home Perikanan Cara Menanggulangi Penyakit White Spot Pada Ikan

Cara Menanggulangi Penyakit White Spot Pada Ikan

penyakit white spot

Agrozine.id – Penyakit white spot pada ikan merupakan salah satu yang menjadi masalah dalam budidaya perikanan. Ada beragam jenis penyakit yang sering menyerang ikan. Salah satu diantaranya yaitu White Spot. Bagi yang yang masih pemula dalam dunia akuakultur, mungkin masih asing dengan jenis penyakit ikan white spot ini. Lalu, apa itu penyakit white spot? Bagaimana cara menanggulanginya? Simak ulasannya  berikut ini ya.

White Spot adalah penyakit pada ikan yang disebabkan oleh parasit Ichthyophthirius multifiliis. Kemungkinan parasit tersebut berasal dari tempat ikan tersebut dibeli, namun hanya menyerang ikan ketika sistem pertahanan tubuh ikan melemah.

Baca Juga : Vaksin Ikan Budidaya dan Isolat Lokal Inovasi Guru Besar IPB University

White Spot adalah penyakit yang menyebabkan munculnya bintik-bintik kecil di tubuh ikan, sirip ikan, dan insang ikan. Ikan yang terkena penyakit white spot ini akan menjadi lemas, diam di pojokan. menyendiri dan biasanya ikan yang terkena bercak putih tidak mau makan atau kehilangan nafsu makannya. Jika white spot dibiarkan, jumlahnya akan bertambah banyak sehingga dapat menyebabkan kematian pada ikan.

Penyebab penyakit white spot pada ikan biasanya muncul pada ikan yang baru datang atau peralatan aquarium yang dipindah dari suat tempat ke tempat lain tanpa dibersihkan atau di karantina terlebih dahulu. Selain itu, penyebab munculnya penyakit ini yaitu karena kualitas air kolam yang rendah dan stres pada ikan.

Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan

  • Menguras aquarium sebanyak 25% dari volume air aquarium. Tujuannya agar membuang sebagian parasit-parasit yang sudah berkembang di dalam air yang menjadi penyebab ikan terkena jamur white spot. Saat akan mengisi air kembali, pastikan air tidak tercemar bahan yang membahayakan ikan seperti klorin pada air yang terlalu banyak dapat menyebabkan ikan malah menjadi stres.
  • Tingkatkan oksigen dengan memberi aerator. Pada dasarnya ikan memerlukan yang namanya oksigen, yang ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ikan. Selain itu, penyakit ini bisa menyebabkan ikan kesulitan untuk bernafas, untuk itu sistem aerasi yang baik dapat membantu pernafasan ikan.
  • Gunakan heater aquarium, karena parasit penyakit white spot pada ikan tidak akan bisa berkembang biak di air yang panas sehingga diperlukan alat yang satu ini. Setting heater 30 derajat celcius unutk membunuh parasit white spot.
  • Tambahkan garam ikan secukupnya. Garam ikan mudah kalian dapatkan di toko-toko ikan hias. Harga garam ikan pun sangtalah murah sekitar 5000 rupiah saja.
  • Berikan Methylene Bue atau biasa disebut dengan obat biru. Obat inimerupakan obat ikan yang berfungsi untuk membunuh jamur dan parasit-parasit pada ikan. Penggunaan obat biru sendiri harus berhati-hati ya karena jika kebanyakan akan mengakibatkan ikan mabok dan mati karena obat biru merupakan obat yang keras. Gunakanlah 1 tets obat biru ke dalam aquarium berukuran 20cm.
  • Perhatikan pemberian pakan ikannya. Untuk mencegah ikan dari penyakit ini berikan pakan yang benar-benar bersih, steril dan aman. Kamu bisa beri pelet ikan. Namun apabila ikan yang kamu pelihara adalah ikan predator, karena makanannya harus lebih sering diberi pakan alami atau yang masih hidup. Untuk mengurangi resiko penyebaran penyakit, sebaiknya lakukan karantina terlebih dahulu selama sehari, sebelum pakan diberikan.

Baca Juga : Mengenal Ikan Tembakul, Bisa Hidup di Air dan Darat

Demikian ulasan terkait penyakit White Spot pada ikan yang seringkali menjadi masalah. Namun, dengan perawatan dan pengobatan yang baik terhadap ikan yang terkena penyakit bisa mengurangi resiko kematian akibat white spot. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here