Home Tanaman Hias Cara menyegarkan tanaman hias yang layu di dalam pot

Cara menyegarkan tanaman hias yang layu di dalam pot

Cara menyegarkan tanaman hias yang layu

Agrozine.id – Tanaman hias di habitat asli memang hidup tanpa menggunakan pot. Selain itu, kondisi lingkungan yang tepat membuat tanaman tercukupi segala kebutuhannya. Tentunya, cara menyegarkan tanaman hias yang layu di dalam pot sangat penting sehingga mencegah tanaman layu atau mati.

Cara menyegarkan tanaman hias yang layu

Lantas, apa saja penyebab tanaman hias layu dan bagaimana cara menyegarkan tanaman hias yang layu? Simak penjelasan di bawah ini yang sudah tim agrozine.id rangkum untuk kamu pecinta tanaman hias.

 

Rendam Pot

Media tanam yang terlalu poros membuat akar kekurangan suplai air. Tidak heran, tanaman kekurangan nutrisi sehingga layu. Apalagi, kamu termasuk orang yang sibuk sehingga lupa menyiram tanaman sesuai dengan kebutuhannya.

 

Selain menyiram tanaman pada permukaan media tanam dan daun, kamu bisa memberikan suplai air dengan merendam pot tanaman. Batas maksimal yaitu ⅓ dari dasar media tanam. Diamkan tanaman hingga air berada di batas bawah pot.

 

Ganti Media Tanam

Berbeda dari penjelasan sebelumnya, tanaman juga bisa layu ketika terlalu banyak air pada media tanam. Ketika kamu sering menyirami tanaman media tanah akan terlalu basah, akar akan kekurangan suplai oksigen.

Cara menyegarkan tanaman hias yang layu

Selain itu, media tanam yang basah bisa membuat akar membusuk dan timbul jamur. Bila sudah begini, kamu hanya bisa mengganti media tanam yang baru dan menggunakan pot yang steril sehingga jamur tidak menyerang lagi.

 

Ganti Pot

Selain media tanam yang buruk, pot yang kurang memiliki lubang air akan menahan air di dalam media tanam. Tentu, media tanam akan lebih sering basah. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan pot terakota yang mampu menyerap air atau pot dengan lubang drainase yang banyak.

 

Tanam di tempat yang luas

Ketika tanaman berada di tempat yang sempit dan akar mulai keluar, kamu harus segera memindahkan ke tempat yang lebih luas dan dalam. Entah itu mengganti pot yang lebih besar atau pindah ke tanah langsung.

 

Pindah letak

Pastikan kamu mengetahui detail syarat tumbuh tanaman hias kesayangan kamu. Entah itu tanaman yang membutuhkan tempat yang sejuk atau terik matahari. Bila kamu salah melakukan penempatan, tanaman bisa saja layu baik itu karena kelebihan atau kekurangan cahaya misalnya.

 

Itulah cara menyegarkan tanaman hias yang layu. Pastikan, kamu mengingat apa saja yang sudah kamu lakukan seminggu terakhir dan mencoba salah satu cara di atas. (Dan)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here