Home Perikanan Cara Mudah Membuat Pelet Ikan Sendiri

Cara Mudah Membuat Pelet Ikan Sendiri

feed-pellet-mill.com

Agrozine – Pemberian pakan pada ikan sangat penting karena dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ikan. Setiap pemilik ternak ikan tentunya telah mengalokasi sebagian uangnya untuk pembelian pakan ternak berupa pelet. Pada umumnya jumlah dana yang dialokasikan untuk pembelian pakan ini jumlahnya sangat besar.

Agar ikan dapat tumbuh sehat maka membutuhkan asupan makanan per hari sebanyak 3 persen dari bobot tubuhnya. Pemberian pakan pada ikan bisa dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari.

Pelet pakan adalah sumber makanan yang sangat penting untuk ikan. Namun, dari waktu ke waktu harga pelet semakin tinggi. Hal inilah yang kadang membuat pusing para pembudidaya ikan nila. Oleh karena itu agar tidak terbebani dengan biaya pelet, mereka berinisiatif untuk mengganti makanan misalnya dengan menggunakan ampas tahu, kotoran sapi, pakan alami, dan limbah pasar. Bukan hanya itu saja, mereka lebih memilih untuk mencoba membuat pelet ikan sendiri.

Apakah sulit membuat pelet ikan? Untuk membuat pelet ikan sendiri sebenarnya sangat mudah asal kita tahu teknik pembuatannya. Pada umumnya pelet buatan terbuat dari berbagai bahan baku. Di Indonesia, sumber bahan baku pelet ikan cukup mudah diperoleh. Kriteria pelet buatan yang layak dikonsumsi olah ikan adalah:

  • Mudah diperoleh baik dari segi waktu maupun jumlah
  • Harga murah atau terjangkau
  • Mudah diolah
  • Butirannya halus
  • Mengandung nilai gizi tingi

Untuk mempermudah pembuatan pelet untuk pakan ikan ini, sebaiknya gunakan alat cetak pelet. Alat cetak pelet bisa dibeli di toko mesin yang menjual alat cetak berbagai model. Pilih alat cetak pelet manual untuk menghemat biaya. Cetak pelet manual ini bisa mencetak pelet dengan ukuran 1,5 mm, 2,5 mm, 4 mm dan 6 mm.

Berikut ini dua cara membuat pelet ikan sendiri. Caranya mudah, langsung disimak saja ya sobat…

Pelet dibuat dengan menggunakan bahan cacing tanah. Sebab, cacing tanah memiliki kandugan protein tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan.

Bahan-Bahan:

  • Tepung cacing sebanyak 410 gram
  • Telur ayam sebanyak 200 gram
  • Dedak sebanyak 180 gram
  • Terigu sebanyak 140 gram
  • Tepung kanji sebanyak 10 gram

Cara Membuat:

  1. Jemur cacing tanah di atas seng selama kurang lebih 1 hari. Kemudian, giling.
  2. Campurkanlah semuah bahan dan aduk hingga tercampur dengan merata.Beri air hangat sedikit agar bahan menjadi kenyal.
  3. Cetak dengan menggunakan mesin pelet.
  4. Jemur hingga kering dan pelet siap digunakan.

Demikian cara membuat pelet ikan sendiri. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here