Home Pertanian Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Kutu Beras

Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Kutu Beras

Sumber foto: pestsamurai.com

Agrozine – Beras adalah bahan makanan pokok masyarakat Indonesia sehingga banyak yang menyimpan beras dalam jumlah banyak untuk stok di rumah. Namun, alangkah kecewanya kita saat kutu beras hadir di tengah-tengah butir beras yang kita simpan.

Kutu beras adalah serangga kecil yang sering ditemukan di dalam beras dan produk-produk beras lainnya. Kutu beras dapat menyebabkan nutrisi atau zat gizi beras berkurang dan mengganggu kebersihan makanan. Jika beras sudah digigit kutu maka lapisan kulit ari luarnya rusak dan kandungan vitamin B yang biasa ada pada kulit ari beras juga sudah hilang. Selain itu, kandungan seratnya juga berkurang.

Oleh karena itu, kutu beras harus secepatnya disingkirkan jika kamu menemukannya di dalam berasmu. Kali ini Agrozine akan menjelaskan cara mencegah dan mengatasi kutu beras. Langsung disimak ya Sobat.

Untuk mencegah dan mengatasi kutu beras, berikut ini caranya:

Simpan Di Tempat Kering dan Tertutup

Kutu beras sering kali muncul ketika beras disimpan dalam kondisi penyimpanan dalam kelembapan tinggi atau suhu yang hangat. Tempat penyimpanan yang lembap atau tidak tertutup dengan baik memberikan lingkungan yang ideal bagi kutu beras untuk berkembang biak.

Jemur di Sinar Matahari

Cara ini akan membantu menghilangkan kutu beras. Kutu beras muncul saat beras lebih lembap dari biasanya. Menjemur beras dan membuatnya makin kering akan mengatasi masalah kutu beras. Jemur beras di bawah sinar matahari langsung sekitar satu hari, hama ini akan lari dengan sendirinya.

Simpan beras di dalam lemari es

Simpan beras yang berkutu di dalam lemari es atau freezer untuk mengusir kutu beras. Simpan selama 3 hari lamannya.

Letakkan Bumbu Dapur yang Tidak Disukai oleh Kutu Beras

Ada beberapa bumbu dapur yang aromanya tidak disukai oleh kutu beras, yaitu:

  • Cabai. Sifat cabai yang pedas tidak disukai oleh kutu beras. Sebaiknya, gunakan cabai kering untuk mengatasi dan mencegah kutu beras. Cabai kering tidak akan busuk di dalam wadah penyimpanan beras.
  • Daun Jeruk Nipis. Letakkan daun jeruk nipis di dalam beras yang disimpan. Aroma menyengat daun jeruk nipis tidak disukai oleh kutu beras. Cara ini bisa mengatasi dan mencegah munculnya kutu beras.
  • Daun Salam. Daun salam memiliki aroma kuat yang tidak disukai kutu beras. Caranya, keringkan daun salam di bawah sinar matahari atau di dalam oven. Kemudian, taruh daun salam kering ke dalam wadah penyimpanan beras.
  • Jahe. Ini bisa mencegah sekaligus mengatasi masalah kutu beras. Caranya, ambil satu rimpang jahe, lalu masukkan ke dalam wadah penyimpanan beras. Saat memasukkan jahe ke dalam wadah beras, usahakan agar jahe dalam keadaan kering.
  • Kayu Manis. Letakkan kayu manis di dalam wadah beras yang disimpan untuk mengatasi masalah kutu beras dan mencegah munculnya kutu beras. Biarkan kayu manis semalaman hingga kutu keluar dengan sendirinya.

Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan ruangan di tempat penyimpanan berasmu. Lakukan pembersihan secara rutin agar hama tidak berkembang biak di tempat penyimpanan berasmu.

Demikianlah Informasi tentang solusi mencegah dan mengatasi kutu beras. Semoga bermanfaat, tetap semangat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini: 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here