Home Pertanian Cara Mudah Tanam Bunga Mawar dari Batang di Pot Rumah

Cara Mudah Tanam Bunga Mawar dari Batang di Pot Rumah

Agrozine – Bunga hias satu ini masih menjadi pilihan teratas untuk ditanam. Bunga mawar memiliki ragam warna seperti merah, jingga, putih, dan pink yang konon memiliki artinya sendiri untuk diberikan pada orang terkasih. Karena bentuk dan aromanya yang khas, bunga mawar kerap dijadikan hiasan dalam berbagai acara.  Bunga ini mudah ditemukan dan tidak sulit pula dibudidayakan. Agar perawatannya tidak memakan waktu lama, kamu dapat menanam bunga mawar dari batang. Untuk para pemula, simaklah cara tanam bunga mawar di pot rumah ini!

 

  1. Persiapan Bibit

Nah, langkah pertama untuk tanam bunga mawar dari batang yaitu persiapan bibit. Bibit stek atau batang dapat kamu temui dengan mudah di tempat penjual bunga. Pilihlah bibit yang sehat, tidak cacat, dan segar. Jika ingin membuat bibit sendiri, maka pilihlah batang bunga mawar yang cukup tua. Batang yang telah tua dapat dilihat dari durinya yang berwarna hitam. Kemudian, potong batang bunga mawar dengan gunting atau pisau tajam sepanjang 10 hingga 15 cm dengan cara meruncing agar akar cepat tumbuh. Untuk menjaga kesegaran mawar hingga proses penanaman, masukkan batang mawar ke dalam air.

 

  1. Penyemaian Bibit

Sebelum mulai menanam bunga mawar dalam pot, kamu perlu melakukan penyemaian bibit stek atau batang terlebih dulu. Siapkanlah campuran media semai berupa tanah dan pupuk organik masing-masing dengan perbandingannya 2:1. Sebelum digunakan, diamkan media semai selama 15 hari dengan cara diangin-anginkan dan gunting daun yang berada di bagian bawah batang. Setelah 15 hari, kamu dapat memasukkan media tanam tersebut ke dalam polybag hingga terisi ¾ bagian. Buat lubang sedalam 3 atau 4 cm dan masukkan stek bunga mawar. Tutup kembali lubang tanam dengan media semai dan sirami air secukupnya.  Agar tidak membusuk, tempatkan polybag di tempat yang teduh dan cukup mendapat sinar matahari.

 

  1. Persiapan Pot dan Media Tanam

Untuk menanam bunga mawar di pot, kamu perlu menyiapkan media tanam berupa tanah, pasir, dan pupuk organik dengan perbandingannya masing-masing 4:1:4. Aduk campuran tersebut secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15 hari. Sambil menunggu, siapkan pot untuk ditanami bunga mawar yang memiliki lubang pada bagian dasarnya. Pastikan ukuran pot tidak terlalu kecil maupun terlalu besar, pilihlah pot dengan diameter minimal 25 cm.

 

  1. Penanaman Bunga

Jika sudah ada daun baru yang tumbuh pada batang stek, kamu boleh menanam tunas tersebut ke dalam pot. Baiknya dasar pot diisi dengan kerikil atau pecahan genteng agar sistem drainase nya baik. Kemudian isilah campuran media tanam yang telah disiapkan hingga terisi ½ dari tinggi pot. Buka polybag penyemaian secara perlahan dan letakkan bibit ditengah pot. Pastikan agar pangkal batang nya tidak tertutup dan tutup kembali lubang menggunakan media tanam. Setelah langkah penanaman selesai, sirami tanaman dengan air secukupnya dan letakkan pada tempat teduh.

 

  1. Perawatan Bunga

Tahap satu ini akan membantu batang bunga mawar tumbuh optimal di dalam pot. Lakukan penyiraman pada tanaman seperlunya agar media tanam tidak terlalu lembab. Kamu dapat menyiramnya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Penyiangan juga perlu dilakukan untuk mencabut rumput liar atau gulma yang menghambat pertumbuhan bunga. Dan agar tumbuh subur dan cepat berbunga, berikan pupuk sebagai nutrisinya. Jika menggunakan pupuk organik, taburkan segenggam pupuk di pinggir pot dan usahakan tidak menyentuh batang tanaman. Sedangkan, jika menggunakan pupuk anorganik kamu bisa melarutkan 1 sendok pupuk NPK dengan 5 liter air dan kocorkan 200 ml per tanaman. Pemupukan dapat dilakukan setiap 15 atau 20 hari sekali.

 

Itulah cara tanam bunga mawar dari batang di pot rumah. Mudah bukan? Untuk menghemat pupuk, kamu juga bisa memanfaatkan ampas teh atau air cucian beras sebagai pupuk organik. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here