Home Pertanian Cara Pengendalian Alami Hama Ulat Tanah pada Bawang Merah

Cara Pengendalian Alami Hama Ulat Tanah pada Bawang Merah

hama ulat tanah pada bawang merah

Agrozine.id – Bawang merah merupakan salah satu tanaman hortikultura yang mempunyai permintaan pasar tinggi. Namun demikian produksi bawang merah masih belum mampu memenuhi kebutuhan. Upaya peningkatan produksi bawang merah juga sering menghadapi kendala seperti terjadinya serangan hama dan penyakit yang menyebabkan gagal panen atau minimal hasil panen berkurang. Salah satu hama yang kerap kali menyerang tanaman bawang merah ialah ulat tanah.

Hama ulat tanah yang memiliki nama latin Agrotis ipsilon ini memiliki ciri-ciri yaitu berwarna coklat tua hingga kehitaman. Sedangkan, pada bagian perut bawahnya berwarna lebih terang. Pada bagian punggungnya terdapat garis-garis coklat.

4 Jenis Hama pada Tanaman Kentang dan Tips Penanggulangannya

Gejala Serangan Hama Ulat Tanah

Jenis hama ulat tanah ini aktif pada saat sore dan malam hari. Hama ulat tanah ini menyerang tanaman bawang merah pada bagian batang serta daun.  Biasanya menyerang pada tanaman bawang yang berusia 5-6 hari. Gejala serangan hama ini adalah tanaman yang seperti dikerat atau dipotong serta ditarik-tarik. Potongan tanaman tersebut nantinya akan dibawa ke dalam tanah oleh ulat tanah. Tanaman yang terserang hama ulat tanah akan layu dan berakhir akan mati

Pengendalian Hama Ulat Tanah

Ada beberapa cara untuk mengendalikan hama ulat tanah ini, yaitu secara kimiawi maupun non-kimiawi. Jika dilakukan secara kimiawi, kamu bisa melakukan penyemprotan insektisida yang banyak tersedia di pasaran. Namun, alangkah lebih baiknya jika pengendalian hama dilakukan tanpa menggunakan bahan kimia agar kualitas bawang merah tetap terjaga dan aman untuk dikonsumsi nantinya.

Dikutip dari akun instagram resmi @KementerianPertanian , melalui postingannya Kementerian Pertanian membagikan tips mengatasi serangan hama ulat tanah terhadap petani yang sedang menanam bawang merah.

Beberapa ini adalah cara alami yang dapat dilakukan untuk mengendalikan hama ulat tanah:

Pertama, kamu bisa menggunakan cara biologis yaitu dengan cara melepaskan musuh alami dari hama ulat tanah ini yaitu seperti predator telur dan ulat (Apanteles ruficrus, Metarrihizium sp, dan Botrytis sp).

Kedua, cara pengendalian hama ini yaitu saat sebelum penanaman bawang merah atau pada saat pembukaan lahan, bersihkan tanaman lama dengan cara dibakar dan digenangi air.

Ketiga, lakukan pergiliran tanaman menjadi tanaman yang tidak disukai hama ulat tanah ini seperti menanam tanaman ubi kayu.

Nah, demikianlah bahasan mengenai gejala serangan hama ulat tanah pada tanaman bawang merah dan cara pengendalian secara alami. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here