Home Perkebunan Cara Sangrai Biji Kopi, Mudah Dilakukan di Rumah

Cara Sangrai Biji Kopi, Mudah Dilakukan di Rumah

cara sangrai biji kopi tradisional

Agrozine.id – Sebagai penikmat kopi, apakah kamu tahu cara sangrai biji kopi yang baik dan benar? Proses sangrai biji kopi akan mempengaruhi kualitas rasa kopi yang signifikan. Jika menyangrai biji kopi dilakukan secara asal-asalan, maka tidak akan menghasilkan kopi yang nikmat.

Hindari Minuman Kopi saat Stres - Medcom.id

Pada dasarnya proses sangrai adalah proses mengeluarkan kandungan air, mengeringkan dan mengembangkan biji kopi,  mengurangi berat  hingga 20%, serta yang paling penting adalah memberikan aroma pada kopi.

Sebenarnya saat ini sudah banyak orang mengetahui mesin sangrai (roasting) kopi yang lebih praktis penggunaannya. Namun, buat kamu yang tidak memilikinya jangan khawatir, kamu bisa menyangrai biji kopi dirumah menggunakan alat-alat sederhana dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Pertama siapkan peralatan untuk menyangrai seperti wajan tembikar atau wajan teflon, pengaduk, tungku kayu atau kompor
  2. Lalu siapkan biji kopi mentah yang berkualitas dan sudah dibersihkan
  3. Masukkan biji kopi yang telah dicuci dan terlepas kulit arinya ke dalam wajan yang dipanaskan. Jangan lupa diaduk agar tidak gosong dan panasnya bisa merata
  4. Kamu bisa mengatur tingkatan sangrai yang diinginkan seperti light, medium, dan dark
  5. Setelah biji kopi mulai berubah warna secara merata, kecilkan api
  6. Kopi yang sudah matang warnanya berubah menjadi coklat kelam, mengeluarkan aroma khas, dan biji kopi mudah pecah
  7. Setelah itu, pindahkan kopi ke wajan lain dan aduk hingga biji kopi tidak panas lagi
  8. Setelah dingin biji kopi siap digiling menggunakan blender, ditumbuk atau dengan coffee grender.

Itulah 7 cara sangrai biji kopi yang mudah dan bisa kamu lakukan dirumah menggunakan peralatan sederhana yang tersedia. Tips dalam menyangrai biji kopi yang paling penting adalah mengatur api tetap stabil agar kopi tidak gosong dan tidak mempengaruhi rasa kopi. Selamat mencoba ! (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here