Home Perkebunan Cara Sukses Budidaya Serai untuk Pemula

Cara Sukses Budidaya Serai untuk Pemula

cara sukses budidaya serai

Agrozine.id – Jika mendengar kata serai tentunya tidak asing lagi bagi kita,terutama bagi pecinta masakan tradisional yang menggunakan rempah sebagai salah satu bahan atau bumbu pelengkapnya. Salah satu jenis rempah yang kerap kali digunakan adalah serai dan saat ini sedang banyak dicari orang. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara sukses budidaya serai untuk pemula. Simak yuk!

Bagian serai yang digunakan sebagai bumbu adalah bagian batangnya yang menambah aroma sedap pada masakan. Diluar kegunaanya sebagai pelengkap bumbu masakan,serai ini juga memiliki khasiat di bidang kesehatan.Tanaman dengan nama latin Chymbophogon nardus ini termasuk jenis tanaman yang mudah dibudidayakan karena mampu bertahan di segala cuaca bahkan kemarau sekalipun.

Baca juga: Begini Cara Budidaya Temu Putih di Dalam Pot

Nah setelah mengetahui kegunaan tanaman serai diatas,yakin masih mau berpikir dua kali untuk punya tanaman serbaguna ini di rumah? Buat kamu yang baru ingin mencoba budidaya serai,tips ini bisa kamu gunakan:

1.Pembibitan serai

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk budidaya serai dimulai dari pembibitan. Untuk langkah awal ini,kamu tidak perlu mulai dari awal menyiapkan biji,karena pembibitan serai bisa menggunakan batang atau daunnya saja.

2.Perawatan setelah tanam

Setelah pembibitan,tentu langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah penanaman dan kemudian dilanjutkan dengan perawatan. Kamu perlu tahu cara yang benar untuk merawat tanaman seraimu agar tumbuh dengan baik. Perawatan yang bisa dilakukan adalah penyiraman dan pemupukan. Penyiraman bisa dilakukan sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore untuk mencegah daunnya cepat layu.

Sedangkan pemupukan bisa dilakukan setelah serai berusia 4 8 dan 16 minggu. Tak hanya itu,perlu gulma di sekitar tanaman serai juga perlu selalu dibersihkan karena bisa memperlambat pertumbuhan tanamanmu. Serai yang sudah berusia 5 atau 6 bulan juga harus dipangkas daunnya yang sudah tua.

3. Cara memanen serai

Setelah pembibitan dan menanam,langkah selanjutnya yang harus dipahami adalah cara memanen serai. Serai bisa dipanen setelah berumur 8 sampai 10 bulan. Cara panen serai yang baik adalah sebagai berikut:

  • cabut rimpang sampai batang serai
  • ikat dengan tali atau karet
  • potong daun serai yang terlalu panjang dan jangan mencabut serai sampai ke akar
  • lakukan pemanenan secara berkala supaya produksi panenmu meningkat di panen berikutnya.
Baca juga: Cara Budidaya Temu Ireng dalam Pot

Nah, itulah dia cara sukses budidaya serai yang cocok banget dipraktekkan untuk kamu yang masih pemula. Mudah bukan? Selamat mencoba ya. (ira)

 

Tonton video menarik berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here