Home Perkebunan Cara Tanam Jahe di Dalam Pot

Cara Tanam Jahe di Dalam Pot

Cara Tanam Jahe di Dalam Pot

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai obat dan juga bumbu dapur. Sudah banyak orang yang membudidayakan jahe karena memiliki banyak manfaat. Berbagai kandungan di dalam jahe seperti vitamin, protein, dan zat bioaktif terpercaya dapat menangkal beragam virus dan kuman.

Biasanya orang menanam jahe di pekarangan rumah atau perkebunan. Namun, jika tidak mempunyai lahan yang luas, maka jahe dapat juga ditanam di dalam pot. Untuk mendapatkan jahe dengan kualitas baik bukanlah hal yang sulit. Berikut ini adalah cara menanam jahe di dalam pot paling mudah!


1. Pembibitan jahe
Bibit dengan kualitas unggul ditandai dengan tekstur yang mulus, berwarna cerah, dan memiliki rimpang yang besar. Biasanya berusia lebih dari 9-10 bulan. Lalu, rimpang jahe dijemur beberapa waktu (jangan sampai terlalu kering). Setelah itu, bibit disimpan selama 1-1,5 bulan.
Pengecambahan berjalan sekitar 2 minggu, kemudian rendam bibit dengan air, dan diletakkan di tempat lembab. Pengontrolan dilakukan setiap hari dengan cara membasahi bibit agar tidak kering.


2. Persiapan pot dan media tanam
Gunakan pot yang berukuran kurang lebih 30 x 35 cm. Lalu, siapkan media tanah yang sudah digemburkan dan diberi pupuk kandang. Pastikan kepadatan tanah sempurna dan air dapat keluar dari bagian bawah pot. Tanah yang sudah diberi pupuk didiamkan 1 minggu agar terjadi proses fermentasi alami.


3. Penanaman jahe
Bibit jahe yang sudah mulai tumbuh daun dimasukkan ke media tanam dengan posisi mata tunas berada di atas. Dalam 1 pot dapat berisis 4-5 bibit dan saat menanam diberi jarak. Pot ditempatkan dibawah naungan.


4. Perawatan jahe setelah tumbuh
Supaya jahe tumbuh dengan baik, pot dijauhkan dari sinar matahari langsung dan diletakkan di tempat bersuhu 24-30 derajat Celcius. Setiap hari dilakukan penyiraman dengan air secukupnya. Taburkan antijamur (furadan) untuk mencegah tumbuhnya jamur pada tanaman.
Jahe dapat dipanen setelah berusia minimal 10 bulan yang ditandai dengan daun dan batang mulai menguning dan kering.

Baca Juga : Cara Sukses Budidaya Jahe

Manfaat menanam jahe dalam pot adalah dapat menghemat lahan., perawatan dan pemeliharaan lebih mudah dikontrol, dan hasilnya pun cukup besar dengan kualitas jahe yang baik. (Ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here