Home Pertanian Cara Tanam Jahe di Pot, Bisa Panen dengan Cepat dan Mudah

Cara Tanam Jahe di Pot, Bisa Panen dengan Cepat dan Mudah

Cara Tanam Jahe di Pot

Agrozine.id – Cara tanam jahe di pot. Jahe adalah salah satu jenis rempah yang banyak dimanfaatkan untuk pelengkap bumbu dalam masakan dan sebagai obat herbal. Tingginya kebutuhan akan jahe membuat permintaan pasar semakin meningkat sehingga semakin banyak orang yang mencoba menanam jahe.

Untuk mereka yang tinggal di wilayah perkotaan dan tidak memiliki lahan yang luas, biasanya menanam jahe di dalam pot. Untuk itu kita akan membahas cara tanam jahe di pot, selain lebih gampang bisa dipanen dengan mudah.

Baca Juga : Cara Sukses Budidaya Jahe

Cara Tanam Jahe di Pot

Berikut adalah cara tanam jahe di media yang umumnya digunakan untuk tanaman bunga di pekarangan rumah:

1. Pilih Rimpang

Pertama adalah memilih rimpang yang akan dijadikan bibit. Rimpang yang baik untuk dijadikan bibit adalah yang memiliki ukuran besar dan masih segar. Selain itu juga pilihlah jahe yang memiliki banyak tunas. Selain bibit yang baik, hal lain yang perlu diperhatikan adalah media tanam, sinar matahari dan waktu penyiraman.

2. Menentukan Media Tanam

Selanjutnya adalah menentukan media tanam. Media tanam merupakan unsur penting untuk pertumbuhan jahe,sehingga pemilihan media tanam yang tepat sangat diperlukan.

Media tanam yang bisa digunakan untuk menanam jahe di dalam pot adalah sekam, kompos,pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 2:1:1:2. Kondisi kesuburan tanah sangat berpengaruh pada pertumbuhan jahe. Tanah yang baik untuk digunakan sebagai media tanam jahe adalah yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • tekstur tanah gembur
  • warna tanah gelap sebagai tanda tanah tersebut memiliki kandungan unsur hara yang tinggi
  • terdapat kehidupan di dalamnya, seperti ada cacing atau hewan kecil lainnya

Saat ditanam, akar jahe akan mencari nutrisi dalam media tanam sehingga pemilihan dan penggunaan media tanam yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan jahe.

3. Menanam Rimpang

Cara tanam jahe di pot berikutnya adalah dengan memasukkan rimpang jahe ke dalam pot tapi jangan sampai semua bagian. Usahakan masih ada bagian yang terlihat di permukaan sebagai tempat tumbuhnya tunas.

4. Merawat Jahe

Jahe tidak terlalu menyukai lokasi yang panas. Oleh karena itu disarankan saat menanam jahe sebaiknya taruh di bawah pohon yang memberikan naungan sehingga tidak langsung terpapar sinar matahari. Perawatan lainnya adalah melakukan penyiraman jahe. Penyiraman dapat dilakukan secara rutin pada pagi dan sore hari. Jahe dapat dipanen saat berumur 8-12 bulan yang ditandai dengan daunnya yang menguning dan batang jahe kering.

Demikian informasi cara tanam jahe di pot. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat kamu praktekkan di rumah.(ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here