Home Peternakan Cara Terbaik Membersihkan Kandang Ayam

Cara Terbaik Membersihkan Kandang Ayam

Membersihkan Kandang Ayam

Mungkin kamu sudah mempunyai kandang dengan pembuangan kotoran otomatis, sehingga kamu tidak perlu lagi secara sering membersihkan kandang.

Namun, beberapa tahun sekali kamu juga perlu membersihkan kandang secara manual untuk menghindari ayam dari berbagai penyakit yang mungkin timbul. Selain itu, ini juga berguna untuk memperhatikan apakah ada kerusakan dari kandang yang mengancam masuknya predator alami ayam seperti musang.

1. Cek Kondisi Kandang

Sebelum melakukan pembersihan secara menyeluruh, kamu harus memeriksa dan mencatat segala kondisi di kandang di setiap sudut. Pastikan tidak ada tungau, jamur, atau tanda tanda penyakit lain yang berada di sekitar kandang. Bisa juga tanda tanda kerusakan kandang atau lubang dari predator alami ayam. Dengan begini, kamu menjadi lebih siap bila menemukan sesuatu yang perlu diperbaiki atau ditangani.

2. Persiapkan semua alat dan perlengkapan

Setelah melakukan pengecekan kandang, kamu bisa mempersiapkan semua kebutuhan untuk membersihkan dan memperbaiki kandang. Pastikan semua sudah tercatat secara rapi dan kamu sudah menyediakannya. Jangan sampai kegiatan membersihkan dan memperbaiki kandang harus tertunda karena salah satu alat atau bahan tidak tersedia.

3. Persiapkan Alas Kotoran

Alas sangat berguna untuk membuang kotoran di sekitar kandang ayam. Pekerjaan ini sangat efisien ketika membersihkan atap dan dinding kotoran akan terjatuh di alas dan kamu hanya perlu membungkus. Lantas membuang bungkusan tersebut sehingga kamu tidak perlu lagi repot menyapu lantai kandang yang terkena kotoran lain.

Selain itu, bila kamu menggunakan papan penampung kotoran dengan lapisan plastik, kamu bisa langsung membersihkan seluruh kandang. Lantas tarik lapisan plastik dan buang ke tempat sampah.

Bila kamu tidak menggunakan lembaran plastik, kamu bisa menggunakan serbuk kayu baru untuk menghindari kotoran menempel pada lantai dasar kandang setelah dibersihkan secara menyeluruh. Bila kotor, tinggal ambil serbuk kayu yang sudah digunakan lalu dibuang.

4. Menyapu Seluruh Kotoran

Bila kamu menggunakan pembuangan kotoran di bawah kandang, kamu bisa membersihkan kandang secara menyeluruh dengan sapu. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kamu hanya perlu membungkus kotoran tersebut.

Namun, bila menggunakan metode lain sebagai penampung kotoran, kamu memerlukan sendok sampah berukuran besar untuk membuang tumpukan kotoran yang sudah menjadi pupuk yang tercampur dengan berbagai serbuk kayu. Setelah itu, kamu bisa menyapu bersih  kotoran yang tersisa

5. Perbaiki semua kerusakan

Setelah semua kotoran sudah hilang di seluruh area kandang. Kamu bisa memperbaiki kerusakan yang ada, seperti lubang yang mungkin digunakan musang untuk membunuh ayam kesayangan kamu. Kamu bisa menggunakan seng atau papan kayu menambalnya. Selain itu, atap yang bocor bisa ditambal dengan lembaran plastik cairan anti bocor.

6. Waktunya mandi

Ya, kandang kamu juga perlu dibersihkan dengan air, tidak perlu dengan kompresor. Tapi, bila ada kenapa tidak kamu gunakan saja.

Arahkan selang ke berbagai tempat yang sulit diraih dan banyak kotoran yang sudah sangat mengering dari atas ke bawah. Seperti, pintu, dinding, jendela, sarang, dengan begini tidak ada lagi kotoran yang tertinggal.

Jangan lupa, tutupi kotoran ayam yang sudah kamu bersihkan sebelumnya karena bisa lebih berat bila tersiram air.

7. Biarkan cahaya mentari menyinari

Setelah berbasah ria, kamu harus membuka pintu kandang ayam selebar mungkin juga jendela. Dengan begini, udara hangat dan matahari akan membantu pengeringan lebih cepat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan handuk kering untuk menyerap air di area tertentu yang tak terjangkau sinar matahari.

Setelah melakukan 7 langkah tersebut, kamu bisa mempersiapkan kandang lebih layak huni dengan hamparan serbuk kayu yang baru atau lembaran plastik yang bersih. Jangan lupa gunakan pembersih udara alami untuk kandang kamu ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here