Home Pet Cara Ternak Burung Kenari, Kicauannya Merdu dan Istimewa

Cara Ternak Burung Kenari, Kicauannya Merdu dan Istimewa

Agrozine – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung favorit di kalangan pecinta burung. Kicauannya yang merdu membuat burung kenari kerap diikutkan dalam lomba kicauan indah oleh pemiliknya. Selain itu, burung ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Oleh karena itu, ternak burung kenari dapat dijadikan hobi dan peluang berbisnis.

Seperti namanya, burung kenari berasal dari Cannary Island yang berada di Spanyol. Burung ini memiliki ragam warna menarik seperti kuning, campuran merah-oranye, putih, merah muda, dan coklat. Burung kenari mudah dikawinkan, namun kamu perlu mengetahui langkah budidaya yang tepat. Simak cara ternak burung kenari berikut yang mudah untuk pemula!

 

  1. Memilih Bibit Kenari

Terdapat berbagai jenis kenari yang dapat kamu jadikan pilihan untuk beternak, antara lain kenari Yorkshire, kenari Norwich, kenari Border, kenari Gloster, kenari Roller, dan lainnya. Sebelum memulai ternak kenari, kamu perlu mengetahui perbedaan dari burung kenari jantan dan betina.

Burung kenari jantan biasanya memiliki suara kicauan yang nyaring dengan bentuk badan cenderung ramping memanjang. Lehernya juga lebih panjang dengan dubur yang menonjol. Sedangkan burung kenari betina memiliki suara kicauan yang tidak nyaring dengan bentuk tubuh yang cenderung bulat. Lehernya lebih pendek dengan bentuk dubur yang datar.

 

  1. Mempersiapkan Kandang

Burung kenari memerlukan kandang dengan ukuran yang cukup luas untuk persedian pakan biji-bijian dalam sangkarnya. Umumnya, kandang kenari berukuran maksimal 40 cm yang terbuat dari bahan kayu, bambu, ataupun besi. Alas kandang sebaiknya menggunakan bahan plastik agar mudah dibersihkan. Selain itu, siapkan pula gantungan, tempat makan, tempat minum untuk diletakkan di dalam kandang.

 

  1. Perjodohan Kenari

Setelah menyiapkan bibit burung kenari untuk diternak dan kandangnya, kita dapat melakukan langkah berikutnya yakni perjodohan kenari. Burung kenari jantan yang siap dijodohkan akan sering berkicau untuk menarik perhatian betina. Sementara, burung kenari betina yang siap dijodohkan akan mengumpulkan ranting atau daun sebagai tempat bertelur. Kelamin burung betina juga biasanya mulai membengkak dan berwarna merah.

Langkah perjodohan burung kenari dilakukan sebelum perkawinan. Pendekatan ini dapat berlangsung selama 4 hari dengan mendekatkan kandang keduanya. Kenari jantan dan betina yang berjodoh ditandai dengan jantan yang sering menyuapi makanan pada betina.

 

  1. Perkawinan Kenari

Jika burung kenari jantan dan betina terlihat berjodoh, maka dapat langsung digabungkan dalam satu kandang. Ada baiknya kamu memindahkan kenari jantan dan betina pada sore hari, lalu biarkan keduanya dalam satu sangkar hingga pagi. Pisahkan burung kenari jantan dan betina diantara pukul 7 hingga 9 pagi. Pada sore hari, kembali satukan keduanya dalam satu kandang hingga kenari betina bertelur. Pastikan kamu tidak menjemur kenari betina yang sudah bertelur karena dapat merusak kualitas telurnya.

 

  1. Pengeraman Telur

Selama proses pengeramana, biarkan burung kenari jantan dan betina dalam satu kandang. Hal ini dilakukan agar kenari jantan terus menyuapi kenari betina yang berdiam di sarang untuk mengerami telur. Pastikan kondisi kandang selalu bersih, dengan stok makanan dan minuman yang selalu tersedia. Kandang burung lebih baik ditempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Proses pengeraman telur burung kenari biasanya berlangsung selama 14 hari.

Nah, itulah cara ternak burung kenari yang pastinya mudah untuk pemula dan memiliki prospek bisnis menjanjikan. Setelah mengeram selama 2 minggu, telur dari burung betina akan mulai menetas. Satu betina kenari dapat mengeluarkan sekitar 5 butir dalam sekali bertelur. Kamu dapat pula melatih burung kenari dewasa untuk mengikuti berbagai jenis lomba kicauan indah. (rin)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here