Home Kampus Chairul Anwar : Dari Hobi Bertanam Menjadi Bisnis Hidroponik Hasilkan Omset Besar

Chairul Anwar : Dari Hobi Bertanam Menjadi Bisnis Hidroponik Hasilkan Omset Besar

Seorang sarjana bukan hanya untuk mendapatkan pekerjaan dan diperkerjakan, tetapi harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan – Chairul Anwar.

Agrozine.id -Kalimat inilah yang diingat oleh Chairul Anwar saat akan membangun perkebunan hidroponik miliknya dua tahun silam. Sebagai seorang sarjana, ia tidak malu menjadi petani. Kini kebun hidroponik yang diberi nama Hidroponik.idk milik Chairul Anwar perlahan mulai dikenal oleh masyarakat terutama di wilayah Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara. ” Saya kebetulan memang punya basic di pertanian, saya sarjana pertanian dari Universitas Simalungun”, kata Chairul.

Diatas lahan seluas 21 x 9 meter, Chairul Anwar mengembangkan perkebunan hidroponik yang dimulainya karena hobi menanam. “ Ya awalnya kan saya emang suka nanam. Pertama kali itu nanam stroberi, nah ternyata hasilnya lumayan bagus. Akhirnya saya pikir kenapa tidak dikembangkan saja dan akhirnya saya coba nanam jenis yang lain dan rupanya berhasil jadi diteruskan sampai sekarang”, ujarnya.

Di awal memulai bisnisnya Chairul mengaku ia hanya memasarkan hasil kebunnya kepada tetangga sekitar tempat tinggalnya. Namun kini jangkauan pasarnya semakin luas seiring dengan semakin banyaknya orang yang mengetahui keberadaan kebunnya tersebut. Kini ia mulai menjadi pemasok kebutuhan sayuran segar ke beberapa hotel dan cafe yang ada di Pematang Siantar.

“Kalau untuk pemasaran awalnya cuma ke tetangga aja, tapi sekarang Alhamdulillah sudah mulai memasok ke hotel-hotel sama cafe juga” ,ucapnya. Namun diakui oleh Chairul saat ini pemasaran produknya masih hanya di sekitar Pematang Siantar saja, pasalnya untuk menjangkau pasar di luar kota masih banyak hal yang harus dipersiapkan menurutnya.

“ Iya pernah ada yang minta dikirim ke luar kota tapi kita masih belum berani”, katanya. Sejauh ini dalam mempromosikan kebun hidropnik miliknya Chairul mengaku memanfaatkan media sosial sebagai tempatnya untuk promosi. Ia mengatakan saat ini sudah lebih gampang untuk melakukan promosi karena jangkauan internet dan media sosial sehingga usahanya mulai dilirik orang.

View this post on Instagram

Selamat pagii… Selamat hari jum’at semuanya. Penampakan hari ini yg hijau dikebun @hidroponik.idk . Yok kita berkebun meluapkan sekedar hobii..👍🏻😅 Ready Setiap Hari * Kale Curly * Pakcoy * Pakcoy Mini * Pagoda Hijau * Pagoda Merah * Seledry * Daun Mint Untuk Info lebih lanjut silahkan : 🍃Konsultasi & pelatihan seputar hidroponik. Call Bio 👆👆👇👇 🌱Info dan Pemesanan : 🌱WA : 0882 6177 9990 🌱Tlp : 085373233323 🌱Line : hidroponik.id 🌱IG : hidroponik.idk Free order 📍Pematangsiantar🛵🛵🛵 https://www.instagram.com/hidroponik.idk/ #hidroponik #hidroponikindonesia #hidroponia #hidroponikpemula #hidroponikers #hidroponikpematangsiantar #hidroponiksiantar #hidroponiksimalungun #sayursehat #sayurorganik #sayurpematangsiantar #sayursegaronlinepematangsiantars #hidroponiksehat #hidroponikhigienis #hidroponiktanpapestisida #hidroponikmurah #hidroponikonline #hidroponikorganik #sawipakchoy #sawicaisim #kangkung #selada #daunmint #kailan #bayam #kale #Tatsoi #kulinersiantar

A post shared by HidroponiK.ID 📍Pematangsiantar (@hidroponik.idk) on

Kebun hidroponik.idk yang dikembangkan oleh Chairul berlokasi di Jalan Sibatu-batu Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara kini memiliki 11 jenis tanaman yang dikembangkan diantaranya kangkung, bayam, pakcoy, selada dan seledri. Konsep yang diterapkan oleh Chairul di kebun miliknya tidak jauh berbeda dengan konsep perkebunan hidroponik secara umum. Namun diakuinya dalam dua tahun berjalan usahanya itu kini telah menghasilkan omset yang cukup besar.

Apakah ada tantangan atau kendala yang dihadapi dalam membangun hidroponik.idk ini? Tentu plus minus sebuah usaha pasti ada. Diakui Chairul kendala terbesar yang dihadapinya adalah masalah hama dan penyakit tanaman seperti busuk akar yang kerap kali terjadi saat musim penghujan. Selain itu ia juga mengaku memiliki niatan untuk memperluas lahan hidroponik miliknya. Namun hal tersebut masih menjadi target jangka panjangnya.

Selain berkebun dan menjual hasilnya, Hidroponik.idk juga berbagi ilmu dengan  memberikan pelatihan kepada masyarakat yang ingin belajar tentang hidroponik. Tak hanya itu, kini kebun hidroponik milik Chairul Anwar ini juga membuka kesempatan kepada para mahasiswa yang ingin melaksanakan KKN atau penelitian. Kunjungan terakhir dan baru-baru ini ke hidroponik.idk adalah pelaksanaan KKU (Kuliah Kerja Usaha) mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Simalungun, Pematang Siantar.

KKU
Kuliah Kerja Usaha (KKU) Mahasiswa Universitas Simalungun dan Universitas HKBP Nomensen di Kebun Hidroponik.idk

Dalam perkembangan usahanya, Chairul berharap bisa menghasilkan produk yang berkualitas dengan tetap memperhatikan lingkungan dan memperluas jangkauan pemasarannya. ” Harapan dan targetnya semoga bisa menjangkau pasar yang lebih luas, keluar dari wilayah Siantar ini terus juga kualitas sayur yang dihasilkan semakin baik”, ujarnya. (ira)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here