Home Perikanan Channa Barca, Ikan Gabus Hias Paling Mahal Sedunia

Channa Barca, Ikan Gabus Hias Paling Mahal Sedunia

Agrozine.id – Inilah ikan channa alias gabus hias paling cantik dan paling mahal sedunia, harganya bisa mencapai Rp 1 juta per 1 cm. Jadi, ikan channa barca dengan kategori grade A dan memiliki panjang 70 cm berharga Rp 70 juta. Ikan ini dapat menghasilkan seratus hingga dua ratus telur setiap hasil perkawinan. Jika berhasil melakukan budidaya ikan ini, pendapatan senilai milyaran rupiah bisa dikantongi.

Channa barca adalah ikan asli lembah sungai Brahmaputra bagian atas di timur laut India dan Bangladesh. Saat ini ikan channa barca tergolong langka sehingga ikan ini menjadi incaran para penghobi  ikan hias. Dengan tubuhnya yang eksotis dan gerakan-gerakannya yang elok ketika berenang, membuat ikan ini banyak disukai para pecinta ikan hias.

Channa Barca memiliki bentuk yang unik. Siripnya panjang menjuntai dengan sirip bagian atas berwarna oranye samar-samar dan sirip bagian bawah berwarna biru kehijauan. Kedua sirip ini dipercantik strip hitam di bagian ujungnya. Tubuhnya berwarna turqouise dengan titik-titik hitam yang membentuk pola tertentu, bentuk kepalanya juga unik. Panjang tubuhnya dapat mencapai  90 cm.

Habitat asli dari ikan Channa Barca adalah lubang-lubang vertikal di sekitar pinggiran lahan basah yang biasanya menjadi kering selama berbulan-bulan di musim kemarau atau musim dingin. Lubang-lubang ini biasanya berukuran sekitar satu meter dan terdiri dari satu atau lebih terowongan yang mengarah ke ruang yang lebih besar di dalam permukaan air tanah. Ikan ini menggunakannya sebagai tempat perlindungan selama bulan-bulan di musim kering. Ikan ini akan muncul untuk berburu dan berkembang biak ketika habitatnya tersebut dibanjiri air saat musim hujan.

Di alam, ikan channa barca suka memakan ikan, udang, dan serangga yang lebih kecil. Namun, dapat beradaptasi dengan baik saat di tempat pembiakan. Ia juga bisa mengkonsumsi makanan mati, jadi tidak harus selalu memakan makanan hidup. Ikan yang masih kecil dapat diberi makan berupa cacing darah, cacing tanah kecil, udang cincang, dan sejenisnya. (das)

(Sumber Foto: galanx-ragalofo.blogspot.com, seriouslyfish.com)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here