Home Hortikultura Cikra Cikri, Tanaman Hias Yang Jadi Lalapan Sehat

Cikra Cikri, Tanaman Hias Yang Jadi Lalapan Sehat

Tanaman Cikra Cikri (Sumber: www.plantthis.com.au)

Agrozine.id – Pernahkah kamu menikmati daun ini…? Ya, daun cikra cikri banyak digunakan di beberapa daerah Indonesia sebagai “teman” makan nasi, seperti urap atau lalapan. Daun ini juga sering dijumpai sebagai tumbuhan liar yang dapat tumbuh di mana saja. Cikra cikri mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, kali ini kami mengajak kamu berkenalan dengan tanaman ini.

Tanaman cikra cikri  atau fernleaf aralia dan bernama ilmiah Polyscias filicifolia. Tanaman ini disebut juga kedondong laut, daun berlangkas, dan kapidondong. Tanaman ini adalah tanaman perdu yang dapat tumbuh hingga setinggi 6 meter. Batangnya tegak, bulat, serta berwarna hijau kekuningan. Sementara itu, daun tanaman majemuk dan berwarna kuning kehijau-hijauan.

Memang bau daun ini agak langu, tetapi rasanya enak. Cikra cikri bisa berbunga dan berbuah buni berbentuk bundar hijau kekuningan dan berbiji pipih berwarna hitam.

Pertumbuhan tanaman yang berasal dari biji termasuk lambat. Oleh karena itu, lebih baik kalau perbanyakan tanaman hias ini dengan cara setek batang. Tingkat keberhasilan perbanyakan dengan cara setek tinggi dan pertumbuhannya lebih cepat. Pertumbuhan tanaman dari famili Araliaceae ini tergolong lambat, tetapi tingginya bisa mencapai 2,5 m.

Cikra cikri sangat disarankan ditanam sebagai tanaman pagar untuk pembatas pekarangan rumah. Selain keindahannya dapat dinikmati, daun-daunnya pun bisa disayur. Manfaat ganda seperti ini jarang terjadi pada tanaman hias lainnya.

Kandungan yang terdapat pada tanaman cikra cikri adalah karbohidrat, lemak, protein, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, seng, air, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, flavonoid, saponin, tanin.

Melihat begitu banyaknya kandungan nutrisi cikra cikri, tidak heran kalau sayur yang satu ini dapat memberi banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Cikra cikri dapat digunakan menjadi obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit seperti susah buang air kecil serta bau badan. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah akar karena pada bagian ini ada triterpenoid.

Penduduk di negara-negara Asia menggunakan daun cikra cikri menjadi tonik, antiradang, antibakteri, dan antioksidan. Selain itu, daun tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Bagian akar tanaman digunakan sebagai diuretik, antidisentri, serta untuk mengobati rematik.

Caranya, untuk menyembuhkan susah buang air kecil, rebus bagian daun dan akar, lalu air rebusannya diminum. Ramuan ini juga bisa mengatasi kencing berbatu atau empedu berbatu. Untuk menghilangkan bau badan, Anda dapat menyantap daunnya sebagai lalapan matang.

Cikra-cikri diolah menjadi sayuran dan rutin dikonsumsi bisa membantu menurunkan kolesterol jahat di tubuh. Ketika kadar kolesterol jahat di tubuh tinggi maka dapat memicu penyakit jantung, stroke, dan gangguan kesehatan lain. Daun cikra cikri juga berkhasiat membantu meningkatkan HB (hemoglobin) dalam darah. Fungsi HB antara lain untuk mengikat oksigen dalam proses metabolisme energi. Cara mengolah sayur cikra cikri biasanya dikukus atau direbus.

Tanaman ini cocok sebagai elemen taman berukuran sempit dan luas. Untuk taman berukuran sempit, sebaiknya tanaman ini ditanam ke dalam pot atau hanya ditanam dalam satu rumpun saja. Untuk taman berukuran luas, tanaman ini bisa ditanam sebagai pagar hidup berbentuk labirin.

Demikian informasi tentang tanaman cikra cikri. Semoga bermanfaat, tetap semangat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

2 COMMENTS

  1. Makasih banyak ya buat infonya yang bermanfaat banget! Suka banget baca berita di sini, selalu yang terkini dan relevan. Oh iya, buat yang suka pendekin link, coba deh V.af! Gue udah pake, praktis banget dan tampilannya juga oke. Langsung aja cek di V.af, ya. Terima kasih lagi buat berita seru di situs ini! 👍😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here