Home Pertanian CropData: Startup Pertanian asal India, Berdayakan Petani Kecil

CropData: Startup Pertanian asal India, Berdayakan Petani Kecil

Agrozine – CropData merupakan startup agri-tech asal India yang telah membantu petani kecil meningkatkan hasil panen dan menjual langsung ke pembeli. Misi startup ini adalah menghubungkan jutaan petani yang jauh dengan pengetahuan, pasar, dan layanan dalam lingkup pertanian. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih lanjut startup pertanian CropData yang memiliki layanan e-marketplace, konsultasi, perizinan, hingga layanan nilai tambah. Startup ini memiliki visi untuk menjadi pemimpin marketplace pertanian untuk tanaman yang belum diproses dan membuat model yang berkelanjutan.

 

Cara Kerja CropData

  • Mengumpulkan data granular dan analitik, untuk verifikasi dan pemantauan petani maupun peternak.
  • Verifikasi dan laporan kondisi tanaman bergulir, menggunakan kalender tanaman dinamis berdasarkan pemeriksaan lapangan, korelasi cuaca, dan kalender musiman.
  • Antarmuka jarak jauh untuk memberdayakan petani.
  • Layanan yang dikemas dengan transparansi dan keterlacakan lengkap menggunakan Blockchain.
  • Alokasi tugas berbasis alur kerja, pengumpulan data, dan manajemen logistik.
  • Agregasi matematis petani kecil hingga lebih besar.
  • Pemrosesan transaksi langsung dengan pengelolaan berbasis Escrow.
  • Ekosistem untuk layanan nilai tambah penting melalui aggregator pihak ketiga.
  • Pemantauan dan pengelolaan risiko kerjasama dari awal hingga akhir.

 

Platform CropData

  1. Krishi

Dr. Krishi adalah platform berbasis alur kerja yang menggunakan teknologi terintegrasi untuk mengumpulkan, memantau dan menganalisis informasi, dari tingkat pertanian. Platform ini juga bertindak sebagai antarmuka utama untuk menangani petani dan menyediakan layanan penyuluhan dan konsultasi. Platform ini didukung dengan Spectral Data Analytics, Dynamic Crop Calendar, Dynamic Task Scheduler, Dynamic Questionnaire, Recommendation, Weather Data dan Image Recognition.

 

  1. Agriota

Agriota E-Marketplace adalah platform pasar komoditas pertanian tingkat lanjut dengan berbagai layanan seperti kontrak, penawaran dan pengelolaan uang, manajemen entitas, akuntansi, penagihan, rekonsiliasi, analitik, penipuan, risiko dan manajemen kepatuhan peraturan, dan lainnya. Agriota menggunakan Blockchain berbasis pertanian dan menggunakan sistem banking multi-tier Escrow.

 

  1. AgData

CropData Gateway atau platform AgData merupakan sebuah ekosistem untuk agregasi data, manajemen, dan visualisasi data. Platform ini menyediakan layanan antarmuka bagi pihak ketiga untuk mengakses pelanggan CropData. Platform ini didukung pula dengan sistem Geo-Spatial Tile Management (GSTM), yang mengelola data primer dan sekunder berdasarkan lokasi dan waktu, menghasilkan lebih dari 200 indeks dari titik 10 x 10 meter di peternakan.

 

  1. KrishiCo

Platform KrishiCo mengelola modul pihak ketiga untuk perbankan, peringkat, kredit, pembiayaan perdagangan, asuransi, pengemasan, logistik, pergudangan, bantuan pemerintah, dan lainnya.

 

 

Komoditas Pertanian

CropData memiliki berbagai komoditas pertanian yang tersedia dalam Agriota E-Marketplace yang terdiri dari kategori sereal (cereals), kacang-kacangan (pulses), bibit minyak (oil seeds), komersil dan serat (commercial and fibers), bumbu (spices), buah-buahan (fruits), dan sayuran (vegetables).  Adapun yang termasuk dalam kategori sereal yakni bajra, jowar, jagung, padi, dan padi basmati. Ada arhar, moong, dan urad dalam kategori kacang-kacangan. Kacang tanah, wijen, kedelai, biji bunga matahari, biji castor, dan mustard dalam kategori bibit minyak. Kapas, kacang mete, dan biji guar dalam kategori komersil dan serat. Serta, biji ketumbar, biji jintan, cabai kering, biji adas, fenugreek, bawang putih, jahe, dan kunyit dalam kategori bumbu. Tak ketinggalan buah-buahan mulai dari apel, pisang, anggur, leci, mangga, pomegranate, jeruk nipis, dan jeruk mandarin. Hingga sayuran seperti buncis, brinjal, kubis, kembang kol, ketimun, cabai hijau, bawang bombay, kacang polong, dan tomat. (rin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here