Home Kampus Daftar Tanaman Hias Penghasil Oksigen, Apa Saja?

Daftar Tanaman Hias Penghasil Oksigen, Apa Saja?

tanaman hias penghasil oksigen

Agrozine.id – Fungsi tanaman hias kini tidak hanya sebagai hiasan yang mempercantik ruangan saja. Lebih dari itu, tanaman hias juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat tanaman hias yang masih belum banyak diketahui orang adalah kemampuan untuk menyerap racun di udara. Beberapa penelitian menyebutkan ada tanaman hias penghasil oksigen yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan seperti membersihkan udara dari racun penyebab risiko stroke, kanker dan penyakit jantung, hingga gangguan pernapasan. Maka dari itu, pada artikel ini tim Agrozine.id akan mengulas beberapa tanaman hias penghasil oksigen.

Berikut ini adalah daftar beberapa tanaman hias penghasil oksigen, simak ya !

  1. Dracaena

Dracaena dikenal sebagai tanaman hias penghasil oksigen terbaik dibandingkan dengan jenis lainnya. Tanaman hias ini dapat secara optimal membersihkan udara serta dapat melenyapkan paparan zat kimia berbahaya, seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan trichloroethylene.

Selain menghasilkan oksigen, tanaman ini juga berfungsi mengontrol kadar kelembapan dalam ruangan dan bisa meningkatkan suasana hati orang yang berada di sekitarnya.

  1. Lili Paris

Tanaman hias penghasil oksigen yang kedua yaitu lili Paris (Chlorophytum comosum) atau yang dikenal pula sebagai tanaman laba-laba. Tanaman hias satu ini berasal dari Afrika Selatan. Daun lili Paris berbentuk melengkung dengan hiasan warna putih di bagian tepinya.

Lili Paris memiliki manfaat lainnya yaitu dapat menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding atau furniture.

  1. Sirih Gading

Tanaman hias selanjutnya yang dapat menghasilkan oksigen yaitu sirih gading (Epipremnun aureum). Tanaman hias ini memiliki daun yang khas berumbai dan berwarna kuning. Dalam manfaatnya sebagai pembersih udara, tanaman ini mampu menghilangkan racun seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan karbon monoksida.

  1. Palem Bambu

Tanaman hias yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mempercantik ruangan kamu salah satunya adalah palem bambu. Tanaman palem bambu (Chamaedorea seifrizii) ini juga dipercaya dapat menghilangkan polutan udara, seperti formaldehida, benzena, karbon monoksida, dan xylene. Tanaman hias yang satu ini banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia.

  1. Krisan

Tanaman hias yang terakhir yaitu bunga krisan (Chrysanthemum morifolium). Tanaman hias krisan ini memiliki kemampuan membersihkan udara dan menghilangkan paparan zat berbahaya seperti formaldehida, xylene, benzena, dan amonia. Selain itu, krisan dalam bentuk suplemen juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain mencegah penyakit diabetes dan kanker prostat.

Demikianlah 5 daftar tanaman hias penghasil oksigen yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengisi sudut rumah baik di dalam maupun di luar. Tanaman hias tersebut memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari racun dan polusi yang dapat meningkatkan risiko stroke, kanker dan jantung. Selain itu, tanaman penghasil oksigen juga dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi risiko gangguan pernapasan, serta berbagai penyakit lainnya. (ran)

 

Sumber: Instagram Kementerian Pertanian, Rabu (19/08/2020)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here