Home Biodiversitas Desa Binaan Asian Agri Berhasil Menjaga Desanya Bebas dari Karhutla

Desa Binaan Asian Agri Berhasil Menjaga Desanya Bebas dari Karhutla

Agrozine.id – Ditengah kondisi pandemi Covid-19 seperti yang terjadi saat ini, Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Tambak binaan Asian Agri tetap melaksanakan tugasnya untuk patroli memadamkan api. Patroli dilakukan dengan standar protokol kesehatan seperti mamakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Meski ditengah kondisi pandemi, desa binaan Asian Agri berhasil menjaga desanya bebas dari karhutla.

Masyarakat Desa Tambak dikenal sebagai penghasil madu kelulut. Zulkatab selaku Crew Leader MPA mengatakan, “Kami mengembangbiakkan trigona yang merupakan jenis lebah yang tidak menyengat untuk menghasilkan madu kelulut. Madu tersebut sebagian besar kami jual kepada masyarakat dan sisanya kami bagikan kepada setiap anggota tim MPA untuk meningkatkan imunitas selama menjalankan tugas menjaga desa bebas dari api”, ujar Zulkatab.

Baca Juga: Asian Agri Terapkan Kebijakan Zero Burning untuk Atasi Karhutla

Manager Fire Free Village Program (FFVP) Asian Agri, Hafiz Hazalin Sinaga menjelaskan bahwa selama situasi pandemi Covid-19 di tahun 2020, seluruh desa binaan Asian Agri telah berhasil menjaga desanya bebas dari karhutla. Ia menjelaskan bahwa hal ini merupakan kolaborasi dari setiap pemangku kepentingan baik pemerintah, TNI, Polri, perusahaan dan juga masyarakat desa. Ia menjelaskan bahwa meskipun di tengah situasi pandemi, namun upaya pencegahan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) ini tetap dijalankan meski ditengah keterbatasan.

“Di masa pandemi, selain tetap melakukan monitoring titik-titik api, kami juga membekali tim damkar maupun DBA binaan agar keterampilan dan kemampuan mereka dalam mencegah karhutla tetap terasah dengan melakukan webinar secara rutin. Kami optimis, kesuksesan DBA dalam menjalankan dan menjaga desanya bebas dari karhutla kemarin tetap berlanjut”, kata Hafiz.

Baca Juga: Sinar Mas Agri Libatkan Masyarakat untuk Tangani Karhutla

Sebagai salah satu perusahaan swasta nasional terkemuka di Indonesia, Asian Agri tetap melakukan praktik terbaik dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat desa dan sekitarnya termasuk pada saat situasi pandemi. Hal tersebut mereka lakukan dengan cara memberikan penghargaan bagi desa binaan yang bisa menjaga desanya terbebas dari api. Bukan hanya itu, perusahaan juga memberikan pelatihan terkait dengan pencegahan karhutla dan sosialisasi program pembukaan lahan tanpa membakar. Oleh karena itulah desa binaan Asian Agri ini berhasil menjaga desanya bebas dari karhutla. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here