Home Kampus Desain Agora Yunani, Bawa Mahasiswa IPB Juara Kompetisi Desain Taman Jakarta

Desain Agora Yunani, Bawa Mahasiswa IPB Juara Kompetisi Desain Taman Jakarta

Kompetisi Desain Taman Jakarta

Agrozine.id – Tiga mahasiswa IPB University berhasil juarai kompetisi Desain Taman Jakarta. Mereka adalah Cindy Rezeki Zain, Embun Azura dan Margaretha Yvandihini dari Departemen Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian, IPB University. Kompetisi desain yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Arsitektur Lanskap Trisakti ini mengangkat tema yang terkait dengan desain berkelanjutan.

Dalam mengikuti kompetisi yang diselenggarakan akhir tahun 2020 lalu, Cindy dan timnya terinspirasi dengan konsep bangunan di zaman Yunani Kuno yang diberi nama “Agora”. Bangunan tersebut merupakan ruang terbuka di tengah kota dekat gedung pemerintahan yang secara harfiah berarti “tempat berkumpul”.

Dalam sejarah dikisahkan bahwa pemerintah membangun Agora untuk memenuhi kebutuhan sosial budaya dan politik masyarakatnya. “Lokasi pilihan kami di perempatan dekat Gedung MPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Stasiun Palmerah dan Bentara Budaya Jakarta”, jelas Cindy.

Siteplan Kompetisi Desain Taman Jakarta

Selain itu, Cindy dan timnya juga mengaku mendapat insipirasi tambahan dari jalur kereta listrik Jabodetabek yang memiliki bentuk garis dan cabang sejajar dengan simpul pertemuan menunjukkan bahwa selain berfungsi sebagai titik temu, Agora juga berperan sebagai tempat tujuan masyarakat untuk menikmati keindahan alam dan berinteraksi dengan sesama.

Baca Juga : Mahasiswa IPB University Dapatkan Dana Hibah Penelitian dari APRI

Kekuatan utama dari desain tim Cindy untuk ikut dalam kompetisi desain taman Jakarta terletak pada Konsep Water-Sensitive Urban Design (WSUD) dengan penerapan Sustainable Urban Drainage Systems 9SUDS).

Konsep tersebut merupakan suatu teknik pengelolaan air yang dapat meningkatkan kualitas air tanah dan ketersediaannya. Konsep tersebut sangat pas untuk kawasan Jakarta dengan wilayah yang relatif semit namun kepadatan penduduknya tinggi.

Tak hanya itu, Sustainable Urban Drainage Systems (SUDS) juga merupakan sistem drainase yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi kondisi air hujan berlebih (yang menyebabkan terjadinya banjir), terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Baca Juga: Mahasiswa IPB University Raih Juara di Kompetisi Kemendikbud 
untuk Rancangan Konsep Wisata Berkelanjutan

Adapun persiapan untuk mengikuti kompetisi desain taman Jakarta dilakukan oleh Cindy dan tim selama kurang lebih dua minggu dengan bimbingan tim dosen dan kemahasiswaan.

Selain memberikan masukan mengenai konsep, dosen pembimbingnya juga memperkuat prinsip desain yang akan diterapkan dalam desain taman yang diperlombakan.

Salah satu dosen Komisi Kemahasiswaan, Rezky Khrisrachmansyah, SP, MT mengatakan desain yang dibuat oleh Cindy dan timnya memiliki finishing garis yang berkualitas.

Tak hanya itu, dari segi teknik perancangan memiliki skala yang sesuai dan logika spasial yang baik. Menurut Rezky, diperlukan komunikasi dua arah untuk mengikuti kompetisi desain taman Jakarta tersebut.

“Kesediaan untuk mendengarkan ide atau inspirasi seluruh anggota tim dan memberikan masukan sesuai dengan propsorsinya juga menjadi hal yang penting bagi dosen pembimbing. Dengan kata lain, dosen perlu menjadi rekan bagi mahasiswanya”, jelas Rezky.

Baca Juga: Teknologi Ultra Fine Buble IPB University Kembalikan Kejayaan Bawang Putih

Rezky memberikan tips bagi mahasiswa yang mengikuti lomba desain lanskap yaitu perlu memperhatikan TOR (Term of Reference) lomba yang diikutinya, latar belakang juri dan lokalitas atau konteks pengerjaannya, serta lokasi yang akan direncanakan.

Rezky juga memotivasi seluruh mahasiswa dalam kompetisi, bahwa bukan hanya kemenangan yang dikejar, tapi pembelajaran yang didapat dalam proses tersebut. Kerjasama tim, pertukaran pengetahuan antar tim menjadi tips yang penting yang diterapkan oleh mahasiswa IPB University ini sehingga juarai kompetisi desain taman Jakarta. (ira)

 

Tonton video tersebut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here