Home Biodiversitas Dikonfirmasi Kasus Pertama Virus Corona Pada Gorilla di San Diego

Dikonfirmasi Kasus Pertama Virus Corona Pada Gorilla di San Diego

Virus Corona pada gorilla

Agrozine.id – Dikabarkan beberapa gorilla di Taman Safari Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS) terinfeksi Covid-19. Hal tersebut merupakan kasus pertama virus Corona pada gorilla.

Beberapa satwa seperti cerpelai hingga harimau sebelumnya pernah dilaporkan terinfeksi virus Corona, namun peristiwa di San Diego menjadi penularan pertama pada kelompok kera besar, yang merupakan hewan sosial.

Baca juga: Repatriasi 11 Orangutan Sumatera dari Malaysia dan Thailand

Direktur eksekutif taman safari dan kebun binatang tersebut, Lisa Peterson, mengonfirmasi delapan gorila yang hidup berkelompok tersebut terpapar virus Corona dan beberapa di antaranya bahkan sudah mulai batuk. “Selain sesak dan batuk, gorilla dalam keadaan baik-baik saja,” ungkapnya soal virus corona pada gorila.

Menurut Departemen Laboratorium Pertanian Nasional dan Layanan Hewan Amerika Serikat, tes sudah dilakukan untuk kedelapan gorilla tersebut. Dengan pengambilan sampel feses gorilla, dikonfirmasi sejauh ini sudah ada 3 gorilla yang menujukkan hasil positif terpapar virus Corona.

Mungkin banyak yang mempertanyakan, bagaimana bisa virus Corona ini dapat menyerang gorilla di Taman Safari Kebun Binatang San Diego? Infeksi ini diduga berasal dari anggota staf perawatan satwa yang dites positif, namun tidak menunjukkan gejala. Para perawat tersebut juga selalu mengenakan masker bila berada dekat para gorilla.

Sementara ini, Taman Safari Kebun Binatang San Diego ditutup sejak tanggal 6 Desember 2020 lalu untuk mengikuti aturan ‘lockdown’ di California. Tentunya hal ini bertujuan untuk menekan jumlah kasus virus Corona pada gorilla.

Baca juga: Rekam Jejak Mardianto, Orangutan yang Dilepasliarkan BOSF 

Lisa mengatakan, saat ini, dokter hewan tengah mengawasi para gorilla yang akan tetap tinggal di habitat mereka di dalam kebun daerah utara San Diego tersebut.

Sejauh ini, gorila sudah diberikan vitamin, air, dan makanan, namun belum menerima penanganan khusus untuk melawan virus Covid-19 yang diidap.

Meskipun penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa beberapa primata non-manusia rentan terhadap virus. Petugas kebun binatang mengatakan, gorilla hidup sebagai satu keluarga, jadi diasumsikan bahwa semua anggotanya telah terpapar.

Baca Juga : Deforestasi dan Wajah Tata Kelola Hutan Indonesia Pasca Pandemi

Jadi, tidak diketahui apakah virus corona pada gorila. Namun, pihak kebun binatang mengatakan, mereka diawasi dengan ketat. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here