Home Kampus Dosen Fapet UB Bersama Kementan Rancang Program Seribu Desa Sapi

Dosen Fapet UB Bersama Kementan Rancang Program Seribu Desa Sapi

Program Seribu Desa Sapi

Agrozine.id – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) merancang Program Seribu Desa Sapi dalam rangka menggenjot produktivitas sapi di tengah pandemi. Untuk tahap awal, program yang bertujuan mendorong produktivitas dan kesejahteraan peternak ini akan dilakukan di empat provinsi, yaitu Lampung Selatan, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Jawa Timur.

Di provinsi Jawa Timur wilayah yang ditetapkan sebagai kecamatan sasaran Program Seribu Desa Sapi yaitu Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Kelompok Genting Makmur Desa Negororejo, Kelompok Baru Muncul Desa Lumbang, Kelompok Makmur III Desa Wonogoro, Kelompok Muktijaya Desa Sapih, dan Kelompok Margisantoso Desa Purut akan diberi pembinaan terkait program seribu desa sapi.

Dr.Ir.Priyo Sugeng Winarto, M.Sc, Prof. Trinil Susilawati, dan Ir. Hermanto,MP adalah Dosen dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) sebagai akademisi yang berpengalaman dalam membentuk klaster sapi potong di Jawa Timur akan dilibatkan sebagai narasumber. Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) juga menyusun materi dari korporasi, manajemen agribisnis, manajemen pembiakan, penggemukan, hingga pengolahan limbah.

Setiap dosen memberikan materi yang berbeda-beda. Dr.Ir.Priyo Sugeng Winarto, M.Sc yang memberikan topik Perencanaan Bisnis Kolektif Berjamaah, Prof. Trinil Susilawati tentang Manajemen Indukan, serta Ir. Hermanto,MP mengenai manajemen Pakan Pada Indukan dan Penggemukan Sapi Potong.

Bimbingan teknis ini sebagai langkah awal untuk mempersiapkan pengembangan program seribu desa sapi yang dilangsungkan sebanyak dua tahapan, yaitu pada hari Rabu tanggal 14 Oktober 2020 sebagai tahap pertama, pada hari Rabu-Kamis tanggal 21-22 Oktober 2020 sebagai tahap kedua.

Prof. Trinil mengungkapkan harapannya apabila pembentukan kawasan usaha pembiakan sapi potong di Kecamatan Lumbang sudah terwujud, agar mencetuskan kerjasama dengan Universitas Brawijaya. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pengabdian pada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa. (ran)

 

Dilansir dari laman berita Universitas Brawijaya, Sabtu (31/10/2020)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here