Home Perkebunan DSN Group Dukung Pendanaan Proyek Konservasi Hutan Berbasis Masyarakat

DSN Group Dukung Pendanaan Proyek Konservasi Hutan Berbasis Masyarakat

DSN Group Dukung Pendanaan Proyek Konservasi Hutan Berbasis Masyarakat

Agrozine.id – Proyek Konservasi Hutan Berbasis Masyarakat di Hutan Desa Laman Satong di Dusun Manjau, Desa Laman Satong, Ketapang, Kalimantan Barat mendapat komitmen pendanaan selama 10 tahun, terhitung sejak Januari 2020 oleh PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSN Group).

Sebagai anggota Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), DSN Group ikut serta program Remediasi dan Kompensasi RSPO (RaCP) dalam Proyek Konservasi yang dipimpin oleh Komunitas di Laman Satong, bekerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya. Peresmian proyek tersebut berlangsung pada Kamis, 14 Januari 2021 lalu.

Baca juga: Petani Sawit Swadaya Indonesia Bersertifikat RSPO Meningkat 167%

Alokasi dana untuk program tersebut sebesar US$ 390.600 atau sekitar Rp. 5.5 miliar dalam jangka 10 tahun melalui anak perusahaan DSN Group, yaitu PT Dharma Agrotama Nusantara,PT Dewata Sawit Nusantara dan PT Dharma Intisawit Lestari.

Di luar komitmen DSN Group untuk memenuhi standar minyak sawit berkelanjutan RSPO, mekanisme Remediation and Compensation Procedure (RaCP) menyediakan landasan yang bagus yang memungkinkan perusahaan untuk menjalankan konservasi dan tanggung jawab sosialnya melalui cara yang terukur, positif, dan selaras.

“hal tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan yang lebih besar dalam perlindungan lanskap, dengan melestarikan hutan di Dusun Manjau, yang dikenal sebagai salah satu tepat dengan keanekaragaman hayati di Kalimantan Barat. Kami bangga terlibat dalam proser konservasi hutan yang diimpin oleh masyarakat. Hal ini sejalan dengan mivi Keberlanjutan kami untuk menjadi Pilihan Yang Bertanggung Jawab Bagi Masyarakat, Planet, dan Kemakmuran” ujar Immanuel.

Baca juga: Asian Agri Berdayakan Petani Melalui Program SMILE

Program ini meliputi pendanaan untuk pembayaran jasa ekosistem melalui Yayasan yang mengelola Hutan di Desa Laman Satong. Dana ini rencananya digunakan untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat dalam mencari mata pencaharian yang berkelanjutan dan beriringan dalam melindungi dan melestarikan hutan.

DSN Group menjalin kerjasama dengan Community Forest Ecosystem Services (CFES) sebagai langkah untuk mewujudkan kompensasi tersebut dengan impelmentasi program ini dari bulan Januari 2021 sampai Januari 2031.

Ketua Badan Pelaksana CFES menuturkan bawasannya program ini memiliki tujuan dalam mengembangkan perhutanan social sebagai skema yang efektif dan berkelanjutan dalam upaya konservasi dan meningkatkan mata perncaharian masyarakat.

Proyek ini memiliki kemungkinkan pengelolaan hutan berbasis masyarakat yang berkelanjutan di Hutan Desa Laman Satong meningkatkan penghasilan masyarakat lokal melalui perbaikan pertanian berkelanjutan dan melaksanakan kegiatan konservasi sehingga ancaman hutan dapat teratasi dengan pendekatan bertahap. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here