Home Pertanian E-Rice Detector, Aplikasi Untuk Mendeteksi Penyakit Padi

E-Rice Detector, Aplikasi Untuk Mendeteksi Penyakit Padi

Agrozine.id – Para petani padi kini tak perlu repot-repot memikirkan masalah penyakit padi yang bisa menyebabkan gagal panen. Sebab, di era digital ini ternyata ada sekelompok generasi milenial yang memikirkan solusi dari masalah tersebut. Mereka adalah tim masihasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yang terdiri dari Ulfah Nur Oktaviana, Tiara Intana Sari, Naufaldi Izad Firmana, dan Ricky Hendrawan dari jurusan Informatika, serta Alfian Dwi Khoirul Annas, mahasiswa  Agroteknologi UMM. Kreativitas mereka menghasilkan aplikasi android yang bernama E-Rice Detector yang dengan kecanggihannya bisa mendeteksi penyakit pada tanaman padi.

Proyek E-Rice Detector ini telah diajukan melalui Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM-KC) dan berhasil mendapatkan pendanaan. Proses perancangannya memakan waktu tiga bulan dan kini sudah siap diunduh di Play Store.

E-Rice Detector didukung dengan deep learning system berbasis Artificial Intelegence (AI). Aplikasi ini akan memudahkan petani dalam mendeteksi penyakit yang menjangkiti padi. E-Rice Detector memiliki empat fitur unggulan. Pertama, “Pindai Penyakit Padi” yang merupakan fitur utama. Nantinya, petani hanya perlu mengambil gambar daun padi dan memilih tombol centang. Kemudian, akan muncul hasil, klasifikasi, serta deteksi penyakitnya. Adapun pemindaian ini memilik akurasi mencapai 97%. Fitur kedua, yaitu “Pesan Otomatis”, semacam chat box yang memberikan informasi terkait penyakit padi, penjual pupuk, dan harga padi per-kecamatan. Fitur ketiga, “Daftar Penyakit” yang menyediakan daftar dan informasi penyakit padi yang ada di setiap kecamatan. Selain itu, terdapat pula fitur Berita yang menyajikan berita dan informasi terkini dari para pakar pertanian.

Dengan hadirnya aplikasi ini, diharapkan mampu menyelesaikan masalah kerugian bertani padi karena penyakit. Selain itu, dapat menjadi langkah baru revolusi industri di dunia pertanian. Perkembangan teknologi sudah selayaknya digunakan untuk membantu pertanian dan mempermudah akses informasi kepada petani. (das)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here