Home Perikanan Budidaya Lele Sistem Bioflok dan Diversifikasi Produknya

Budidaya Lele Sistem Bioflok dan Diversifikasi Produknya

Agrozine.id – Ikan lele merupakan salah satu komoditas budidaya yang memiliki prospek menjanjikan. Kelebihan ikan lele diantaranya adalah pertumbuhannya yang cepat dan memiliki kemanpuan beradaptasi dengan lingkungan dengan baik. Saat ini, sistem budidaya lele yang banyak digunakan adalah secara bioflok. Maka perlu adanya edukasi budidaya lele sistem bioflok dan peningkatan keterampilan dalam diversifikasi produk lele.

Teknologi bioflok adalah teknologi penggunaan bakteri heterotrof maupun autotrof yang dapat mengkonversi limbah organik secara intensif menjadi kumpulan mikroorganisme yang berbentuk flok kemudian bisa dimanfaatkan oleh ikan sebagai sumber makanan.

Masyarakat Desa Nambo belum banyak dalam pembudidayaan ikan lele, sehingg diperlukan adanya pemberdayaan masyarakat untuk diajarkan cara budidaya ini. Pengembangan ikan lele perlu dikembangkan, mengingat budidaya ikan lele tidak memerlukan perawatan intensif dan banyak gizi yang dibutuhkan manusia.

Baca Juga: Keunggulan Budidaya Lele Sistem Bioflok

Diketahui bahwa masyarakat desa Nambo memiliki minat dan tingkat konsumsi ikan lele yang rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya pemberdayaan masyarakat dengan sosialisas melalui demonstrasi masak dan filleting ikan lele serta penyampaian materi tentang budidayanya.

Metode yang dilakukan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat adalah demonstrasi pembuatan nugget lele dari awal hingga akhir, demonstrasi fillet ikan lele dan presentasi mengenai budidaya  dengan sistem bioflok dan kegiatan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Desa Nambo.

Baca Juga: KKP Gelar Bimtek Budidaya Ikan Sistem Bioflok dan Sosialisasi 
Program Bantuan

Melalui diadakannya kegiatan sosialisasi budidaya ikan lele dengan sistem bioflok ini, diahrapkan bisa meningkatkan tingkat konsumsi ikan lele masyarakat di Desa Nambo dan meningkatkan kemauan masyarakat untuk budidaya ikan lele, mengingat prospek budidaya ikan ini cukup tinggi, sehingga bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. (ira)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here