Agrozine

Faiz Arsyad: Mahasiswa UB Peraih Gold Medal di 7 Negara Berkat Kopi Kulit Mangga

kopi kulit mangga

Agrozine.id – Membanggakan! Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yang bernama Faiz Arsyad menyabet gold medal, grand prize, dan penghargaan platinum pada ajang internasional di 7 negara berkat inovasinya membuat kopi kulit mangga yang kemudian diberi nama Masco.

Mahasiswa tingkat akhir dari Program Studi Agribisnis ini menjelaskan, Masco merupakan label kopi kulit mangga (Mango Peels Coffee, Innovation of Healthy Arabica Coffee Drinks Based on Zero Waste System). Masco merupakan kombinasi ekstrak kulit mangga podang khas Kediri dengan kopi Arabika dari lereng Gunung Arjuna, dengan prinsip zero waste atau bebas limbah.

Baca juga: Inovasi Dosen Pertanian Unila, Kopi Wine Robusta

Faiz mengungkapkan alasannya dibalik terciptanya Masco adalah tingginya produksi dan konsumsi mangga menghasilkan limbah berupa kulit yang tidak termanfaatkan. Sehingga ia memanfaatkan kulit mangga ini menjadi campuran dalam kopi yang tentunya memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

“Selain menjadi limbah, biasanya kulit mangga kan hanya dimanfaatkan untuk jadi keripik saja. Dan itu harganya jauh lebih murah. Dengan mengubahnya menjadi campuran kopi ini harganya jauh lebih tinggi daripada hanya dijadikan keripik,” ungkap pria kelahiran Bandung 22 tahun yang lalu ini.

Lebih lanjut, ia menambahkan, “Minum kopi telah menjadi tren baru di masyarakat, seiring dengan semakin menjamurnya kedai kopi di berbagai daerah. Dengan adanya MASCO, maka dapat memaksimalkan potensi kopi sama halnya dengan pendapatan petani mangga, sekaligus mengurangi limbah kulitnya”.

Kombinasi kopi Arabika dari lereng Arjuno dengan ekstrak kulit mangga Podang ini menghasilkan kopi nikmat dengan rasa dan aroma mangga. Kombinasi dua bahan ini menghasilkan kopi dengan rasa pahit yang lebih sedikit. Sehingga hal itulah yang menjadi keunikan minuman kopi kulit mangga ini.

Selain itu, menurut hasil studi literatur yang dilakukannya bersama tim Masco, kulit mangga Podang sendiri mengandung beberapa senyawa aktif, seperti Polyphenols, Alpha Hydorxil Acid (AHA), Amyhocyanins, Flavonoid serta vitamin C dan E.

Melalui Masco, Faiz berhasil meraih banyak penghargaan di kancah internasional, diantaranya yaitu:

Faiz mengungkapkan, salah satu alasan Masco menang adalah karena mengangkat kearifan lookal melalui penggunaan bahan baku asli Indonesia yakni manga Podang yang hanya ada di Kediri dan kopi jenis Arabika dari lereng Gunung Arjuna.

Baca juga: Mengenal Bepahkupi, Startup Kopi Gayo Anak Bangsa

Ia berharap kedepannya, produk Masco dapat diproduksi secara massal dan dapat dinimkati oleh masyarakat luas. Dan juga ia berharap makin banyak pemuda Indonesia yang menciptakan inovasi terutama di bidang pertanian sehingga semakin dipandang secara global. (ran)

 

Tonton video menarik ini: