Home Kelautan Fakta Menarik Ikan Opah, Satu-Satunya Ikan Berdarah Panas

Fakta Menarik Ikan Opah, Satu-Satunya Ikan Berdarah Panas

Ikan Opah (Foto: freeredar.shop)

Agrozine – Opah adalah ikan yang menarik dan unik dengan banyak hal menarik untuk dipelajari. Ikan Opah yang bernama latin Lampris guttatus adalah ikan pelagis besar dan berwarna-warni yang menambah indah lautan. Karakteristiknya yang berdarah panas dan karakteristik unik lainnya membuatnya berbeda dari ikan lain.

Berikut beberapa fakta menarik tentang ikan Opah.

Satu-satunya Ikan Berdarah Panas

Opah merupakan satu-satunya ikan yang diketahui berdarah panas, seperti mamalia dan burung. Hal ini berarti mereka dapat mengatur suhu tubuhnya secara internal, berbeda dengan ikan lain yang berdarah dingin dan suhu tubuhnya mengikuti lingkungan. Kemampuan ini memungkinkan Opah untuk hidup di air dingin dan dalam, di mana ikan berdarah dingin lainnya tidak bisa bertahan hidup.

Tubuh Besar dan Berbentuk Cakram

Opah memiliki tubuh pipih dan besar, berbentuk seperti cakram, dengan diameter mencapai 2 meter dan berat hingga 140 kilogram. Tubuhnya berwarna perak dengan bintik-bintik coklat dan sirip serta ekornya berwarna merah muda atau merah.  Sirip punggung dan duburnya panjang.

Predator Aktif di Laut Dalam

Opah adalah predator aktif yang berburu di laut dalam, pada kedalaman 50 hingga 400 meter. Mangsanya termasuk cumi-cumi, ikan kecil, dan hewan laut lainnya. Mereka berenang dengan cepat dan gesit, menggunakan sirip caudally mereka yang kuat untuk bermanuver di air.

Jantung Besar dan Jaringan Otot yang Unik

Opah memiliki jantung yang besar dan jaringan otot yang unik yang membantu mereka mempertahankan suhu tubuhnya. Jaringan otot ini menghasilkan panas melalui metabolisme. Jantungnya yang besar memompa darah panas ke seluruh tubuhnya.

Persebaran Global

Opah ditemukan di lautan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Mereka sering terlihat di dekat pulau-pulau dan di lepas pantai.

Penting Secara Ekologis

Opah memainkan peran penting dalam ekosistem laut sebagai predator puncak. Mereka membantu mengendalikan populasi mangsanya dan menjaga keseimbangan rantai makanan.

Opah saat ini tidak terancam punah, namun populasinya di beberapa daerah mengalami penurunan akibat penangkapan ikan yang berlebihan. Upaya konservasi sedang dilakukan untuk melindungi spesies ini.

Fakta Menarik Lainnya:

  • Opah memiliki mata yang besar yang membantu mereka melihat dalam kondisi cahaya redup di laut dalam.
  • Ikan iniadalah perenang yang cepat dan dapat berenang hingga kecepatan 50 kilometer per jam.
  • Opah adalah ikan yang cerdas dan telah diamati menunjukkan perilaku kompleks seperti bermain dan bekerja sama.

Demikianlah informasi tentang ikan opah. Semoga bermanfaat, tetap semangat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

https://www.youtube.com/watch?v=HjKdJ8TOGh0&t=196s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here