Home Kampus Fakultas Pertanian Unila: Raih Dua Rekor Muri Sekaligus

Fakultas Pertanian Unila: Raih Dua Rekor Muri Sekaligus

Agrozine – Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila) kembali menorehkan prestasi dengan meraih dua rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penganuagerahan rekor Muri ini berlangsung di Aula Fakultas Pertanian dan disiarkan secara online pada Rabu (22/7). Penyerahan sertifikat kedua rekor Muri diserahkan langsung oleh Senior Manager Muri Yusuf Ngadri kepada Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., dan Dekan Fakultas Pertanian Unila Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si.

Dalam kesempatan ini turut hadir Rektor Institut Teknologi Sumatera Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D., Rektor Universitas Bandar Lampung Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A., Direktur Politeknik Negeri Lampung Dr. Ir. Sarono, M.Si., para wakil rektor, dekan, direktur pascasarjana, beserta sivitas akademika di lingkungan Unila. Dua rekor Muri ini diberikan kepada Fakultas Pertanian Unila yang telah melakukan diseminasi dua hasil penelitian secara berkesinambungan dengan waktu terlama. Yakni untuk penelitian yang dilakukan melalui media televisi selama empat tahun dan pelayanan klinik pertanian secara berkesinambungan terlama.

Penghargaan ini merupakan rekor Muri ketiga dan keempat yang diraih Fakultas Pertanian Unila. Sebelumnya, Fakultas Pertanian Unila telah mendapatkan rekor Muri atas perolehan hak cipta terbanyak dalam satu catur wula pada tahun 2018 dan fakultas pemegang paten terbanyak pada 2019. Dekan FP Unila Irwan Sukri Banuwa menyampaikan rasa bangganya atas perolehan dua rekor ini. Prof Irwan mengatakan, rekor ini tidak mungkin diraih tanpa dukungan pemerintah Provinsi Lampung dan pimpinan Unila.

Dekan FP Unila menyampaikan apresiasinya atas partisipasi dan dukungan pihak internal Unila selama ini. “Perjalanan panjang kedua penganugerahan ini merupakan terjemahan tri darma perguruan tinggi yang dilakukan Fakultas Pertanian Unila, khususnya pada bidang penelitian dan pengabdian. Rekor Muri yang kita peroleh adalah dampak kedua kegiatan akademik yang sudah dilakukan,” ujar Irwan. Pada kesempatan ini, Rektor Unila Prof Karomani juga mengucapkan selamat atas perolehan dua rekor Muri dan kinerja akademik Unila, khususnya Fakultas Pertanian.

Prof Karomani berharap, FP Unila dapat terus berkarya karena kedepannya Unila akan fokus pada ketahanan pangan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Lampung yang turut memberikan dukungannya untuk Unila. “Selamat kepada Fakultas Pertanian Unila atas prestasi luar biasa yang dicapai. Teruslah berkarya untuk mencapai visi Unila menjadi 10 besar,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, pemerintah Provinsi Lampung juga menyerahkan beasiswa anak petani program Lampung Berjaya. Beasiswa diberikan kepada 100 orang mahasiswa FP Unila, 156 orang mahasiswa Itera, dan 169 orang mahasiswa Polinela. Pemberian beasiswa diberikan langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kepada para rektor dan direktur yang mewakili masing-masing institusi. Program Lampung Berjaya sendiri merupakan beasiswa pertama yang diberikan pemerintah Provinsi Lampung untuk mahasiswa yang orang tuanya berprofesi sebagai petani dan telah menjadi anggota Petani Lampung Berjaya. (rin)

 

Dilansir dari siaran pers Unila

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here