Home Kampus Fakultas Pertanian Universitas Jember Jalin Kerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara XII

Fakultas Pertanian Universitas Jember Jalin Kerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara XII

Fakultas Pertanian Universitas Jember Jalin Kerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara XII

Agrozine.id – Fakultas Pertanian Universitas Jember (Faperta UNEJ) jalin kerjasama pembinaan petani kopi dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Pembinaan petani kopi dilakukan di Desa Curahpoh, Curahdami, Bondowoso.

Dilansir dari laman berita Faperta UNEJ, pada tanggal 4 Desember 2020 bertempat di ruang sidang Fakultas Pertanian Universitas Jember, Dekan Faperta UNEJ Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P, didampingi Wakil Dekan dan KPS Perkebunan menerima kunjungan dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII.

Baca juga: Universitas Jember dan Universitas Jambi Jalin Kerjasama Pengembangan Kopi

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII adalah salah satu badan usaha milik negara di bawah Holding Perkebunan yang menjalankan berbagai perkebunan seperti teh, karet, sawit (minyak) sebagai komoditas utamanya, dan juga ada komoditas penunjangnya yaitu kina, kopi, dan buah-buahan.

Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII memberikan hibah berupa bibit kopi klonal sebanyak 500 bibit klon kopi robusta (BP 358, BP 42, dan BP 409) kepada LMDH Agro Sejahtera Desa Curahpoh melalui Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Adapun tujuan adanya kerjasama antara Faperta UNEJ dengan PTPN XII ini adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, menghasilkan karya ilmu pengetahuan dan teknologi perkebunan berbasis kearifan local, memberdayakan masyarakat, serta teknologi tepat guna di bidang perkebunan.

Baca juga: Dosen Universitas Jember Beri Pelatihan Pembuatan Produk Turunan Kopi

Direktur PTPN XII, Achmad Hendy Junaidi, S.T.P., menjelaskan bahwa dengan adanya kerjasama ini akan muncul inovasi baru terutama di bidang pertanian dan perkebunan terutama di Kota Jember.

Prof Soetriono menyampaikan ucapan terima kasih kepada PTPN XII yang sudah berpartisipasi dalam pengembangan kawasan di Fakultas Pertanian Universitas Jember.

“Kami ingin kampus hijau ini menjadi wondow shopping atau diorama yang menjelaskan proses pertanian modern, misalnya proses penanaman kopi hingga proses menjadi produk turunannya. Diharapkan, siswa-siswi yang duduk di bangku sekolah dapat memahami dan menumbuh kembangkan minat generasi muda untuk menggeluti dunia pertanian,” ujar Prof Soetriono.

“Semoga hibah bibit kopi klonal ini dapat bermanfaat dan menjadi pemicu peningkatan produktivitas dan kualitas kopi di Desa Curahpoh,” tutupnya. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here