Home Kampus Faperta Unwar: Pembuatan Susu Jagung Manis dan Mie dari Sayur Gonda

Faperta Unwar: Pembuatan Susu Jagung Manis dan Mie dari Sayur Gonda

Faperta Unwar

Agrozine – Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa (Unwar) menghelat kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat (PKM) guna meningkatkan produktivitas kelompok PKK di Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar pada Minggu (12/7). Kegiatan PKM ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didanai oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Unwar.

Kegiatan yang dilaksanakan Faperta Unwar berupa berupa penyuluhan tentang pemanfaatan pekarangan oleh Dr. Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si., pembuatan susu jagung manis dan mie dari sayur gonda oleh Ir. Anak Agung Made Semariyani, M.Si, serta penyuluhan tentang proses pemasarannya oleh Ir. Anak Agung Ngurah Mayun Wirajaya, MM.

Pelatihan dan penyuluhan ini dihadiri oleh masing-masing perwakilan dusun di lingkungan Desa Ubung Kaja dan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Ketua Panitia Dr. Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si. mengatakan, tujuan PKM yang dilakukan yakni untuk memberdayakan masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK di Desa Ubung Kaja. Hasil produksi dari pelatihan ini kemudian akan dipasarkan melalui BUMDes setempat.

Harapannya, kreativitas yang dihasilkan memiliki nilai jual. Terlebih, kebanyakan ibu-ibu PKK Desa Ubung Kaja kehilangan pekerjaannya sebagai dampak dari pandemi Covid-19. “Ini adalah bentuk kerjasama antara akademisi Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Ubung Kaja untuk memberdayakan ibu-ibu PKK di Desa Ubung Kaja,” ujar Dr. Udayana.

Sekretaris Desa Ubung Kaja Ni Wayan Saptiari mengaku bersyukur atas pelatihan yang diberikan oleh Faperta Unwar. Sebab, pelatihan dan penyuluhan ini dapat menambah penghasilan ibu-ibu PKK di lingkungan Desa Ubung Kaja. Terlebih, susu jagung manis dan mie dari sayur gonda akan dipasarkan melalui BUMDes. Saptiari mengungkap, lahan pertanian di Desa Ubung Kaja sangat minim akibat maraknya pembangunan rumah.

Kendati demikian, Saptiari berharap melalui penyuluhan yang diberikan Faperta Unwar, masyarakat desa mulai berkebun di lahan pekarangan terutama komoditas jagung. Sekretaris BPD Desa Ubung Kaja, I Made Suweda juga mengucapkan terima kasih kepada Faperta Unwar yang telah melakukan kegiatan pemberdayaan dan pelatihan kepada masyarakat desa.

“Kami berharap pelatihan ini bisa berlanjut, sehingga bisa menjadi produksi yang lebih luas,” pungkas Suweda. Tidak hanya menggelar pelatihan dan penyuluhan, tim PKM Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa juga menyerahkan bantuan blender untuk pembuatan susu jagung manis serta mesin pencetak mie untuk pembuatan mie berbahan dasar sayur gonda. (rin)

 

Dilansir dari siaran pers Unwar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here