Home Biodiversitas Flamingo, Burung Tercantik Nan Anggun dan Setia

Flamingo, Burung Tercantik Nan Anggun dan Setia

Sumber foto: www.thoughtco.com

Agrozine – Flamingo adalah salah satu burung tercantik di dunia, dikenal karena penampilannya yang khas dan sikapnya yang anggun. Kata flamingo berasal dari kata Spanyol “flamengo”, bentuk awal dari “flamenco”. Kata-kata ini berasal dari kata Latin “flamma”, yang berarti ‘api’.

Habitat burung ini terdiri dari danau dangkal yang besar, laguna, hutan bakau, dan pulau-pulau berpasir. Burung ini berasal dari genus Phoenicopterus dan familia Phoenicopteridae. Burung ini ditemukan di belahan bumi barat dan timur, tetapi lebih banyak terdapat di belahan timur. Empat spesies flamingo di Amerika dan dua jenis flamingo di Dunia Lama.

Berikut ini enam spesies burung flamingo dan lokasi geografisnya:

  • Burung flamingo besar (roseus). Jenis ini paling banyak tersebar luas dan terdapat di sebagian Afrika, Eropa Selatan, dan Timur Tengah.
  • Burung flamingo kecil (minor). Janis ini  paling banyak jumlahnya dan terdapat di Afrika hingga India Barat Daya.
  • Flamingo chili (chilensis), terdapat di bagian Amerika Selatan yang beriklim sedang.
  • Flamingo James (jamesi), terdapat di Pegunungan Andes di Peru, Chili, Bolivia, dan Argentina.
  • Flamingo andes (andinus), terdapat di Pegunungan Andes di Peru, Chili, Bolivia dan Argentina.
  • Flamingo amerika (ruber), terdapat di Laut Karibia dan Kepulauan Galapagos.

Anak flamingo keluar dari telur dengan warna abu-abu, tetapi saat dewasa memiliki warna bervariasi, dari merah muda hingga merah cerah karena bakteri akuatik dan beta karoten yang terkandung dalam makanan mereka. Udang dan alga biru-hijau adalah sumber beta karoten yang umum didapatkan flamingo.

Flamingo yang  cukup makan memiliki warna yang lebih cerah dan menarik sehingga mudah dalam menarik pasangannya. Flamingo yang berwarna pucat atau putih umumnya tidak sehat karena kekurangan gizi.

Tinggi flamingo dewasa berkisar antara 91—127 cm, dengan lebar sayap sekitar 152 cm, dan rata-rata berat mereka sekitar 8,75 kg. Namun,masing-masing spesies flamingo memiliki ukuran berbeda-beda. Burung ini memiliki leher panjang berliku-liku dan kaki yang panjang.

Flamingo menyaring air untuk mendapatkan udang. Paruh mereka yang berbentuk sedemikian rupa beradaptasi untuk menyaring air dan lumpur untuk mendapatkan makanan. Burung ini menggunakan kaki berjaring mereka untuk mengaduk lumpur demi mencari makanan.

Burung cantik ini suka hidup berkelompok. Setiap kelompok flamingo terdiri dari beberapa pasang hingga puluhan ribu ekor. Oleh karena itu, flamingo biasanya terbang bersama dalam kawanan besar.

Burung flamingo membentuk ikatan pasangan yang kuat dan bersifat monogami. Begitu burung ini menemukan pasangan, mereka tinggal bersama seumur hidup dan membesarkan anaknya bersama.

Burung eksotis ini adalah penerbang yang terampil. Mereka dapat terbang jarak jauh dengan kecepatan hingga 35 mil per jam. Bentang sayapnya yang besar memungkinkannya menempuh jarak yang sangat jauh untuk mencari makan dan tempat bersarang.

Pose flamingo yang paling terkenal adalah berdiri dengan satu kaki. Perilaku unik ini sebenarnya merupakan adaptasi fisiologis yang memungkinkan mereka menghemat energi. Dengan berdiri menggunakan satu kaki, burung ini mengurangi kelelahan otot dan menurunkan suhu sehingga memungkinkan mereka bertahan lama berdiri di air.

Flamingo memiliki teknik pemberian makan yang khas yang dikenal sebagai filter feeding. Mereka menggunakan filter khusus mereka untuk menyaring air dan lumpur, menjebak organisme kecil, dan menyaring kelebihan air. Paruhnya dilengkapi dengan struktur seperti sisir yang disebut lamellae, yang membantu mereka menyaring makanan dari air.

Demikianlah informasi tentang burung flamingo. Semoga bermanfaat, tetap semangat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here