Home Kampus FTP UGM dan Pemda Bantul Bersinergi Kembangkan Agrowisata Kebun Buah Nawungan

FTP UGM dan Pemda Bantul Bersinergi Kembangkan Agrowisata Kebun Buah Nawungan

Agrowisata Kebun Buah Nawungan

Agrozine.id – Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul bersinergi percepat pengembangan Agrowisata Kebun Buah Nawungan yang ada di Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Agrowisata Kebun Buah Nawungan sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 2013 lalu. Di lahan seluas 35 hektare dengan menggunakan sistem agroforestry, dibudidayakan berbagai tanaman buah seperti durian, alpukat, rambutan, kelengkeng, serta sirsak. Kemudian, di sela-sela tanaman buah dibudidayakan tanaman pangan seperti padi gogo, jagung, kacang tanah. Sementara itu, tanaman kayu-kayuan yaitu jati dan sonokeling dibudidayakan di batas lahan.

Baca juga: UGM Lakukan Pendampingan Kelompok Wanita Tani di Bantul

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem FTP UGM sudah melakukan pendampingan kepada kelompok tani buah Nawungan mulai dari tahun 2015 lalu bersama dengan Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan.

Ketua Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem FTP UGM, Prof. Dr. Ir. Lilik Sutiarso, M.Eng, menyebutkan pengembangan kebun buah Nawungan ditujukan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Selopamioro.

Lebih lanjut, Prof Lilik menjelaskan jika pendampingan kepada kelompok tani buah Nawungan dilakukan dengan skema pengabdian masyarakat.

Dalam upaya mempercepat pengembangan Agrowisata kebun buah Nawungan dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bantul dengan fokus Program Premium Kebun Buah (KB) Nawungan Selopamioro – Imogiri pada 27 Januari 2021 lalu.

Baca juga: Tim Mahasiswa FTP UGM Berhasil Borong Penghargaan di Acara AE-ARC

Rakor tersebut sebagai bentuk tindak lanjut FDG yang telah dilaksanakan pada bulan Desember 2020. Pada kesempatan itu, Lilik mempresentasikan konsep Smart Integrated Agrotourism untuk Pengembangan Agrowisata Terpadu di Selopamioro Bantul.

Selain itu, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem FTP UGM di tahun 2019 lalu juga bekerja sama dengan Yanmar Environment Sustainable Support Association (YESSA) Jepang untuk pengembangan “Agri-environmental Edu Techno Park”. Fokus kegiatan yang dijalankan adalah pengembangan wisata berbasis teknologi pertanian ramah lingkungan di Kabupaten Bantul khususnya di Desa Selopamioro dan Sriharjo Kecamatan Imogiri. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here