Home Perikanan Hadirnya El Nino Membawa Berkah Bagi Nelayan Nusantara

Hadirnya El Nino Membawa Berkah Bagi Nelayan Nusantara

coralglass.market

AgrozineEl Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. Singkatnya, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum.

Namun, ternyata ada hal yang menguntungkan para nelayan di balik fenomena El Nino. Hal ini diungkapkan Prof Agus S Atmadipoera, Pakar Oceanography IPB University. Beliau menyebutkan bahwa fenomena El Nino justru menjadi pertanda baik bagi sektor kelautan di Indonesia. Hadirnya El Nino membawa berkah bagi nelayan Nusantara. Fenomina alam ini akan memicu munculnya panen raya ikan di zona upwelling.

Menurut Prof Agus, jika di daratan El Nino menjadi momok dalam melemahkan ketahanan pangan nasional. Sebaliknya, di laut fenomena El Nino berdampak positif terhadap peningkatan lumbung ikan nasional. Penyebab kondisi tersebut adalah intensitas upwelling yang menguat dan suhu air laut cenderung lebih dingin di tahun El Nino. Kondisi ini memicu produktivitas primer laut yang maksimum.

Upwelling merupakan fenomena naiknya air laut dari lapisan dalam yang membawa air laut kaya nutrien dan suhu lebih dingin ke permukaan. Semakin kuat intensitas upwelling ditandai dengan semakin rendahnya suhu permukaan laut.

Kondisi tersebut memberikan berkah bagi nelayan Nusantara. Melimpahnya ikan di zona ini berkaitan erat dengan penguatan intensitas upwelling di lima zona upwelling Nusantara, yakni di perairan selatan Jawa, Laut Banda, Laut Maluku, dan Laut Aru. Pasokan nutrien ke dekat permukaan ini memicu proses fotosintesis yang intensif oleh tumbuhan renik (phytoplankton) sebagai produsen primer di laut.

Prof Agus menjelaskan bahwa melimpahnya phytoplankton ini menjadi awal rantai makanan di laut, yakni proses pemangsaan oleh zooplankton sebagai konsumer tingkat pertama. Rantai makanan berlanjut hingga sampai akhirnya ke tingkat pemangsaan oleh ikan pelagis besar, seperti ikan tuna dan cakalang. Berkumpulnya ikan-ikan di zona upwelling inilah yang menjadikan nelayan bisa panen raya dan menjadi bukti bahwa hadirnya El Nino membawa berkah bagi Nelayan Nusantara.

Panen raya ikan laut ini biasanya berlangsung beberapa bulan setelah puncak El Nino yang diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus-September 2023 ini.

Menurut Prof Agus, adanya fenomena upwelling ini memberikan prospek bagi nelayan dan industri perikanan laut untuk menggenjot produksi tangkapan ikannya. Namun, di sisi lain, pemerintah harus mendorong industri perikanan laut dan nelayan Nusantara dalam mengoptimalkan produksi perikanan tangkap dan pascapanen pada panen raya ikan tahun El Nino 2023 ini. Subsidi kelautan dan perikanan juga perlu digelontorkan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, utamanya Lumbung Ikan Nasional.

Lumbung Ikan Nasional adalah wilayah laut dengan potensi sumber daya perikanan yang signifikan secara nasional, yang dikembangkan sebagai kawasan produksi ikan secara berkelanjutan.

Demikianlah informasi tentang hadirnya El Nino Membawa Berkah Bagi Nelayan Nusantara.  Semoga menjadi motivasi untuk para nelayan dan semoga  Lumbung Ikan Nasional terus terjaga kelestariannya. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here