Home Peternakan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Vaksin Ayam

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Vaksin Ayam

diperhatikan sebelum vaksin ayam

Agrozine.id – Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk pencegahan terhadap penyakit yang menyerang hewan ternak, termasuk ayam. Dengan vaksinasi, diharapkan kekebalan ayam dapat lebih kuat, sehingga dapat mencegah ternak ayam kamu terinfeksi penyakit. Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum vaksin ayam, apa sajakah itu?

Baca juga: Kenali Vaksinasi Ayam Broiler, Jadwal dan Metode yang Tepat

Sebelum membahas hal-hal yang harus diperhatikan sevelum vaksin ayam, perlu diketahui bahwa menjaga kesehatan ayam sangat penting dilakukan karena walaupun dapat dikatakan pemeliharaanya cukup mudah, namun penyakit pada ayam tidak dapat dihindari.

Penyebaran penyakit pada ayam jika tidak segera mendapat penanganan akan berdampak buruk bagi kesehatan ayam itu sendiri dan pastinya akan merugikan peternak.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ayam, sebelumnya perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Ayam yang divaksin harus dalam kondisi sehat.
  2. Vaksinasi dilakukan pada waktu pagi atau sore hari (ketika suhu udara tidak panas)
  3. Vaksinasi dilakukan dengan hati-hati, usahakan vaksin tidak tumpah atau tercecer karena akan memicu munculnya bibit penyakit.
  4. Vaksin yang sudah dibuka dan digunakan selama lebih dari 4 jam tidak layak digunakan lagi, sehingga jika ada sisa setelah vaksinasi lebih baik dibuang saja.
  5. Hindarkan vaksin dari paparan sinar matahari atau terkena sinar matahari secara langsung, karena sinar ultraviolet (UV) dapat merusak vaksin.
  6. Lakukan vaksinasi ayam secara rutin.
  7. Berikan vaksin sesuai dosis yang sudah ditentukan.
  8. Simpan vaksin yang belum digunakan dalam lemari es.
  9. Jika metode vaksinasi yang digunakan adalah air minum, perhatikan hal-hal berikut :
  10. Gunakan air yang tidak mengandung logam berat seperti besi atau tembaga, sebaiknya gunakan air sumur karena air yang
  11. digunakan berpengaruh pada kerja vaksin.
  12. Pastikan tempat minum yang digunakan terhindar dari suhu panas.
  13. Gunakan tempat minum yang bersih, pastikan tidak tercampur dengan litter atau pun feses karena jika tercampur dengan
  14. air akan merusak pH air dan dapat merusak vaksin.
  15. Sebelum vaksinasi ayam perlu dipuasakan dahulu selama 2 jam.

Ada beragam cara untuk melaksanakan vaksinasi pada ayam. Saat ini, metode yang lazim dilakukan di antarannya vaksinasi melalui mata, hidung, mulut, penyuntikan, pakan, minum, dan penyemprotan. Vaksinasi pada ayam dengan setiap metode tersebut tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca juga: Tips Budidaya Ayam Petelur Bagi Kamu Yang Masih Pemula

Nah, setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum vaksin ayam, kamu tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis peternakan ayam. Jika penyakit pada ayam ditangani, dicegah dengan cara yang tepat, dan memperhatikan beberapa aspek, maka resiko kematian ayam dan kerugian dapat diminimalkan. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here