Home Perkebunan Hand Sanitizer Dari Sawit Inovasi UMKM di Tengah Pandemi

Hand Sanitizer Dari Sawit Inovasi UMKM di Tengah Pandemi

Agrozine.id – Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini membuat Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPD-PKS) mendorong tumbuhnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sawit untuk tetap inovatif dalam mengembangkan produk dan usaha. Melalui ide inovatif UMKM ini muncullah hand sanitizer, sabun dan suplemen berbahan dasar minyak kelapa sawit. Hand sanitizer dari sawit sebagai salah satu inovasi UMKM di tengah pandemi.

Muhammad Ferian selaku Plt Direktur Kemitraan BPDP-KS mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi (SRBC IPB University) dan UMKM binaan untuk mengembangkan sabun dan hand sanitizer berbahan sawit.

“Pertimbangannya sangat jelas, petani dan kelembagaan mereka menjadi kunci sukses dalam industri sawit”,ujar Ferian. Dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani diĀ  masa pandemi ini,petani diarahkan ke sektor UMKM karena UMKM ini bersifat usaha yang produktif untuk meningkatkan pendapatan petani melalui penciptaan nilai tambah produk sawit (minyak dan biomassa) dan format UMKM dapat digunakan untuk meningkatkan posisi tawar dan akses langsung kepada pasar.

Ferian menjelaskan bahwa produk hand sanitizer yang sedang dikembangkan ini akan dilauncing dalam bulan ini. Selain memproduksi hand sanitizer, petani sebagai pelaku UMKM juga difokuskan untuk memproduksi produk pangan yang relevan dengan keadaan saat ini.

Lebih lanjut Ferian menegaskan bahwa pihaknya sudah memulai program yang difokuskan pada UMKM dan kelompok petani. “Kami harapkan kemitraan dengan BPDP-KS ini tidak hanya wacana tetapi hasil akhir yang bisa membuat petani sawit yang dulunya belum punya usaha menjadi memiliki usaha dan kegiatan ekonominya menjadi lebih baik”,ujar Ferian.

Hand sanitizer merupakan salah satu produk inovasi UMKM yang telah berkembang dan menurut Prof.Dr.Ir Erliza Hambali, Guru Besar IPB University,hand sanitizer berbahan kelapa sawit ini cukup menjanjikan.

Dikatakan juga bahwa produk hand sanitizer berbahan kelapa sawit ini memiliki karakter berbeda dari produk lain .Untuk melindungi kulit dari kekeringan akibat penggunaan atanol konsentrasi tinggi, digunakan gliserol dari sawit yang dapat menahan penguapan air dari permukaan kulit sehingga memberikan kelembaban dan kesegaran alami pada kulit.

Hand sanitizer dari sawit sebagai produk inovasi dari UMKM ini diharapkan dapat menjadi solusi menjaga kesehatan dalam upaya pencegahan virus pada masa pandemi ini yang belum diketahui kapan akan berakhir ini.(ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here