Home Kampus Helda Safitri : Prinsip Kekeluargaan dan Mengayomi Dalam Organisasi

Helda Safitri : Prinsip Kekeluargaan dan Mengayomi Dalam Organisasi

Helda Safitri

Agrozine.id – Menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi bukanlah pekerjaan yang mudah. Jika biasanya sebuah organisasi diketuai oleh laki-laki, namun tidak dengan Himagron ULM yang diketuai oleh seorang perempuan asal Kalimantan Tengah. Ia adalah Helda Safitri, ketua Himpunan Mahasiswa Agronomi Universitas Lambung Mangkurat periode 2020.

Helda yang merupakan mahasiswa semester 7 prodi Agronomi ini memulai kisahnya sebagai ketua Himagron sejak Februari 2020. Berbekal pengalaman menjadi bendahara Himagron pada periode kepengurusan sebelumnya, Helda sedikit demi sedikit bisa menjalankan perannya sebagai ketua dengan baik.

Helda Safitri, Ketua Himagron ULM

Ia mengaku ingin memberikan kontribusi yang lebih besar kepada himpunannya sekaligus mengasah kemampuan diri ia memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi Ketua Himagron. “1 tahun sebelumnya memang saya sudah menjadi bendahara umum di Himagron, dari situ saya pikir kenapa tidak mencoba saja menjadi ketua. Toh saya sudah pernah jadi bendahara juga. Terus juga ada dorongan dan dukungan dari teman-teman akhirnya saya berani mencalonkan diri jadi ketua dan Alhamdulillah terpilih”, katanya.

Namun Helda bukanlah satu-satunya ketua perempuan yang pernah memimpin Himagron ULM. Dikatakannya pada awal Himagron aktif sebagai himpunan mahasiswa di ULM juga diketuai oleh perempuan. “Dulu ketua pertama juga perempuan, namanya kak Delima. Jadi saya juga banyak belajar kalau perempuan juga bisa jadi pemimpin”, ujar Helda.

Sebelum bergabung di Himagron, Helda mengaku organisasi pertama yang ia ikuti adalah koperasi mahasiswa. Ajakan teman-temannya untuk sama-sama membangun dan mengembangkan Himagron menjadi awal mula Helda bergabung di Himagron. “waktu itu teman-teman mengajak, “ayo sama-sama kita bangun himpunan kita”, begitu kata teman-teman dulu dan akhirnya saya memutuskan untuk bergabung”, ucapnya.

Sebagai seorang pemimpin, Helda mengaku dirinya bukanlah orang yang bisa memerintah secara langsung. Oleh karena itu ia membagi tugas dengan wakilnya untuk menjalankan tugas-tugas kepemimpinan. “Saya sebenarnya orangnya tidak bisa memerintah secara langsung, bersyukurnya teman-teman pengurus selalu bisa membantu saya. Saya membagi tugas dengan wakil dan teman-teman pengurus yang lain”, ujarnya.

Helda mengaku sejak awal prinsip kekeluargaan, sifat mengayomi dan membantu adalah prinsip yang diterapkan Helda dalam kepemimpinannya. Menurutnya hal tersebut sangat perlu mengingat anggota himpunan yang dipimpinnya bukan hanya berasal dari teman-teman seangkatannya saja tetapi juga diikuti oleh adik-adik kelasnya. “Karena kan ada adik-adik kelas yang jadi anggota, jadi menurut saya sifat mengayomi itu perlu”, ujarnya.

Sejak menjadi ketua Himagron, Helda Safitri mengaku banyak perubahan yang ia rasakan terutama dalam pengembangan softskill seperti komunikasi, dan relasi. Ia jadi memiliki lebih banyak relasi dengan dosen maupun dengan para alumni Agronomi. Selain itu ia mengaku juga semakin cepat dalam mengambil keputusan. “Dulu waktu jadi bendahara, kebanyakan tugas yang dikerjakan itu masih yang tergolong mudah. Tapi setelah menjadi ketua, lebih banyak yang harus dikerjakan terutama harus bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat”, ujarnya.

Dibalik keberhasilannya memimpin Himagron ULM saat ini Helda mengaku juga mengalami kendala terutama dalam masa pandemi saat ini. Banyak kegiatan yang harusnya dilakukan di lapangan terpaksa diundur atau dihentikan, dan sisanya hanya bisa dilakukan secara online. “Banyak sih kalau kendala terutama saat ini yang semuanya dilakukan serba online jadi sedikit sulit dan harus lebih kreatif untuk memikirkan gimana caranya tujuan dari program kerja bisa tercapai dengan baik walaupun cuma dilakukan secara online”, kata Helda.

baca juga : Kisah Aditya Adi Nugroho Breeder Ikan Koi Sukses Dari Klaten

Helda Safitri berharap kedepannya Himagron semakin maju dan ia pun berharap bisa menyerap lebih banyak ilmu di Himagron yang nantinya bisa ia terapkan dalam membangun karirnya. Helda mengaku setelah lulus kuliah ia ingin tetap berkecimpung di dunia pertanian. Selain kuliah dan menjalankan kegiatan organisasi, Helda Safitri juga sedang mengerjakan skripsi. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here