Home Biodiversitas Hewan Rubah, Keluarga Anjing Yang Unik dan Menggemaskan

Hewan Rubah, Keluarga Anjing Yang Unik dan Menggemaskan

worldanimalfoundation.org

Agrozine – Ukuran tubuhnya yang relatif kecil, wajahnya yang menggemaskan, dan sifatnya yang lucu membuat orang ingin memeliharanya. Hewan rubah bisa ditemukan hidup di perkotaan, desa, maupun di hutan. Yuk, kenali hewan mamalia yang unik ini.

Rubah merupakan salah satu keluarga anjing (Canidae) dan ukurannya lebih kecil daripada anjing umumnya. Terdapat 27 spesies hewan ini di dunia dan dapat ditemui di semua benua, kecuali Antartika. Mereka hidup di hutan, semak-semak, hingga padang pasir.

Rubah memiliki wajah segitiga yang runcing dengan moncong yang panjang dan sempit. Telinga mereka runcing dan menjulur lurus ke atas dari kepala mereka. Mereka juga memiliki tengkorak yang bagus, bulu yang panjang, kaki yang relatif pendek, dan ekornya yang panjang dan lebat. Tidak seperti kebanyakan anggota keluarga anjing, rubah memiliki cakar yang dapat ditarik sebagian dan biasanya berjalan dengan jari kaki.

Rubah paling aktif pada malam hari. Hewan ini memiliki pupil yang berorientasi vertikal sehingga dapat melihat dalam cahaya redup. Kemampuannya melihat dalam kondisi gelap memudahkannya mengintai, berburu, dan menerkam mangsanya.

Rubah memiliki kumis dan permukan lidah yang seperti duri, sama seperti kucing. Rubah juga pintar memanjat pohon, menggunakan kumisnya untuk bernavigasi, dan bisa tidur di dahan pohon. Rubah satu-satunya hewan dari keluarga anjing yang bisa memanjat pohon.

Rubah jarang terlihat berkelompok dalam jumlah besar. Mereka lebih sering menyendiri atau bersama keluarga kecilnya. Hewan ini seringkali berburu dan tidur sendirian.

Anak rubah yang baru lahir tidak bisa membuka matanya sampai sembilan hari. Pada saat itu,  rubah jantan akan tinggal bersama betina di sarangnya dan membawakan makanan untuk keluarganya. Anak rubah akan tinggal bersama orangtuanya sampai mereka berusia 7 bulan.

Rubah dapat membuat variasi suara yang bermacam-macam, mulai dari jeritan, gonggongan, hingga lolongan yang dapat berkisar dari nada tinggi hingga nada rendah untuk mengomunikasikan berbagai hal. Bahkan, mereka bisa membuat 40 suara berbeda. Namun, yang paling berkesan adalah teriakannya yang sering terdengar di tengah malam selama musim kawin hewan.

Uniknya, bulu rubah memiliki beragam warna. Contohnya, bulu rubah Arktik berubah warna tergantung musim. Rubah merah juga hadir dalam berbagai warna, termasuk perak, hitam, oranye, atau campuran ketiganya.

Rubah lebih pintar daripada hewan lain di golongannya. Bahkan pada zaman dulu, rubah adalah teman yang baik bagi manusia.Di Yordania, pernah ditemukan makam seorang lelaki dan rubahnya. Diperkirakan makamnya  sudah ada sejak 4.000 tahun lalu.

Hewan cerdas ini pintar menyimpan makanannya. Rubah senang mengubur makanannya di tempat-tempat yang jarang terlihat dan meninggalkan tanda tertentu agar ia bisa mengenali tempat tersebut dengan baik.

Rubah memiliki cara komunikasi sendiri dengan sesamanya. Ada suara-suara tertentu yang bisa mereka hasilkan dan hanya dikenali oleh sesama rubah.

Rubah bisa beradaptasi dengan baik di alam. Contohnya, saat kekurangan daging, hewan ini menggantinya dengan jenis makanan lain, seperti tumbuh-tumbuhan yang lebih gampang ditemukan. Jika cuaca berubah menjadi dingin, mereka bisa bertahan karena memiliki lapisan khusus yang membuatnya tetap hangat. Manusia sering memburu rubah untuk memanfaatkan bulunya karena bulunya hangat jika dijadikan mantel.

Rubah merupakan hewan omnivora dan pemburu yang tangkas. Rubah biasanya makan tikus, serangga, kelinci, telur burung, dan daging bangkai. Ketika berburu, rubah bisa melompat tinggi dan menerkam mangsanya. Dan karena salah satu makanan utamanya adalah tikus, maka hewan ini sering dianggap sebagai pembasmi hama yang baik. Pemangsa rubah, yaitu singa gunung, serigala, coyote, macan tutul, dan beruang.

Demikian informasi tentang rubah. Semoga bermanfaat, selamat belajar, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini: 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here