Home Kampus Mengenal HIMITEKA : Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University

Mengenal HIMITEKA : Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB University

Agrozine.id – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University memiliki lima departemen/jurusan. Salah satu diantaranya adalah Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), yang memiliki himpunan keprofesian di kalangan mahasiswa yaitu HIMITEKA (Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan). Dalam artikel ini kita akan mengenal HIMITEKA sebagai salah satu komunitas mahasiswa di IPB University.

HIMITEKA merupakan himpunan profesi bagi mahasiswa Departemen Imu dan Teknologi Kelautan IPB University yang mengusung suatu program keprofesian dalam bidang kajian ilmu dan teknologi kelautan. “Harta paling berharga yang dimiliki oleh HIMITEKA adalah orang-orangnya. Oleh karena itu fokus dalam berorganisasi di HIMITEKA adalah meningkatkan kekompakan dan kepedulian diantara pengurus dan non pengurus serta elemen departemen ITK. Selain itu organisasi kami juga fokus dalam menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan lembaga pemerintah untuk memperkenalkan dunia kelautan Indonesia pada dunia luar”, jelas Riskhi Anggara Nasution Ketua Umum HIMITEKA.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai himpunan keprofesian, HIMITEKA dibagi kedalam empat bidang kajian yaitu Hidrobiologi Laut, Oseanografi, Akustik dan Instrumentasi Kelautan dan Penginderaan Jarak Jauh dan SIG Kelautan.

Dalam setiap bidang kajian yang dikerjakan di HIMITEKA membekali para mahasiswa ITK untuk memaham dunia kelautan yang dibutuhkan di dunia kerja setelah lulus dari IPB University, diluar pembelajaran di kelas kuliah.

Dalam menjalankan HIMITEKA sebagai himpunan keprofesian sekaligus suatu organisasi terdapat satu program kerja unggulan yang dilakukan oleh para mahasiswa yaitu ekspedisi. “HIMITEKA bertujuan untuk mengungkap potensi bahari dan menyingkap kekayaan laut dan eksplorasi warisan bahari. Kami melakukan ekspedisi sudah sebanyak 6 kali dimulai dari Teluk Banten, Teluk Kiluan Lampung dan 4 kali diadakan di Kepulauan Seribu, jelas Riskhi.

View this post on Instagram

[HARI INI HARI EKSPEDISI]⁣ ⁣ Ekspedisi HIMITEKA merupakan suatu rangkaian kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (HIMITEKA) – IPB yang Bertujuan untuk mengungkap potensi bahari, menyingkap kekayaan laut dan eksplorasi warisan bahari.⁣ ⁣ Ekspedisi HIMITEKA VI akan dilaksanakan pada 6 Agustus – 10 Agustus 2019 di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu.⁣ ⁣ Narahubung : Hafizh (081211950506)⁣ ———————————————⁣ Divisi Komunikasi, Informasi dan Media⁣ Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan, FPIK IPB⁣ Instagram : @himitekaipb⁣ Line : @ugb7479x⁣ FB : Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan, FPIK IPB⁣ Twitter : @himitekaipb⁣ Youtube : Himiteka IPB⁣ Web : himiteka.lk.ipb.ac.id

A post shared by HIMITEKA IPB (@himitekaipb) on

Sebagai suatu organisasi HIMITEKA memiliki susunan kepengurusan yang dimulai dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara sebagai Badan Pengurus Harian. Selain itu dalam hal peningkatan soffskil anggotanya HIMITEKA dibagi menjadi 6 divisi yaitu PSDM,Divisi Internal, Keilmuan dan Keprofesian (Keprof), Kaderisasi dan Kebijakan (Kadjak), Media dan Informasi serta Biro Usaha dan Kemitraan. ” Untuk periode saat ini kepengurusan dijalankan oleh dua angkatan yaitu angkatan 54 dan 55 sampai periode akhir nanti di November 2020″, tambah Riskhi.

Tahun 2020 HIMITEKA meniadakan kegiatan ekspedisi karena adanya pandemi Covid-19. Namun untuk program kerja yang memungkinkan dijalankan secara online seperti webinar tetap dijalankan oleh para pengurusnya.

“Di tengah situasi pandemi sekarang ini beberapa program kerja yang mengharuskan ke lapangan terpaksa kami tiadakan, karena tidak mungkin diadakan secara online. Tapi kami juga tetap memutar otak untuk menjalankan beberapa kegiatan yang sudah direncanakan, yang mungkin dijalankan secara online tetap kami jalankan. Contohnya Indonesia Marine Summit (IMS) dan Konsurv”, imbuhnya.

Ditambahkan oleh Riskhi dengan adanya situasi pandemi saat ini membuat para pengurus HIMITEKA dituntut untuk lebih kreatif dan mempelajari hal-hal baru dalam menjalankan organisasinya.

Sebenarnya sangat disayangkan ekspedisi ke Pulau Bawean yang sudah kami rencanakan sejak awal kepengurusan terpaksa ditiadakan karena situasi saat ini. Tapi kami berharap untuk kepengurusan tahun depan, bisa melanjutkan rencana ekspedisi ini karena banyak sekali potensi bahari yang bisa dieksplor di pulau Bawean. Dengan adanya ekspedisi juga sangat membantu para mahasiswa di Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan di IPB untuk mengenal potensi laut Indonesia”, jelasnya. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here