Home Pertanian iGrow Bangun Kebun dan Penyulingan Citronella di Jawa Barat

iGrow Bangun Kebun dan Penyulingan Citronella di Jawa Barat

Agrozine.id – Berlokasi di Purwakarta Jawa Barat, iGrow membangun kebun dan penyulingan citronella grass atau dikenal juga dengan nama Cymbhopogon nardus atau sereh. Tumbuhan tersebut diolah menjadi berbagai produk turunan dimana salah satunya adalah menjadi citronella oil.

Kebun dan penyulingan citronella tersebut dibudidayakan oleh CV Atar Aroma yang dibiayai melalui platform iGrow di project pendanaan Citronella Oil Atar Aroma. Permintaan citronella oil semakin lama semakin meningkat karena banyak dibutuhkan di berbagai industri seperti toiletries, cosmetics,pertanian bahkan juga industri makanan dan minuman membutuhkan tanaman tersebut. Oleh karenanya bisnis pertanian citronella menjadi sangat menjanjikan karena saat ini permintaan pasar selalu meningkat sedangkan pemain di pertanian ini masih sedikit.

Baca Juga : Cara Menanam Pohon Bidara di Rumah, Mudah Kok!

Adapun total luasan kebun sereh wangi yang digunakan untuk kerjasama dengan iGrow adalah seluas 40 hektar dari total keseluruhan kebun 60 hektar. Selain budidaya, juga digunakan untuk kepentingan kantor portable dan pabrik produksi.

Terdapat 32 jenis sereh wangi yang ditanam di kebun dan selain memiliki banyak manfaat, tanaman ini juga mudah dibudidayakan karena termasuk jenis tanaman yang adaptif dan tidak membutuhkan banyak air juga memiliki siklus hidup yang cepat. Masa panen sereh wangi terhitung sejak ditanam adalah di umur 6 bulan. Setelah itu, siklus panen terjadi setiap 90 hari atau 3 bulanan.

Citronella hasil panen selanjutnya akan dilakukan proses steam distillation. Pada proses ini bahan baku dan proses pembakaran dilakukan terpisah dan proses perebusannya dilakukan menggunakan kayu bakar. Produk industri hasil dari pengolahan berupa essensial oil yang dijual melalui marketplace.

Baca Juga : Startup Re-Nuble Mengolah Mengolah Limbah Makanan Untuk Pertanian Dalam Ruangan

Sebagai langkah zero waste, limbah hasil industri diolah kembali menjadi pupuk organik yang dicampur dengan kotoran ternak. Selain itu, ampas sereh wangi juga bisa digunakan sebagai pakan ternak.

Kebun dan penyulingan citronella tidak hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial petani tetapi juga memberikan sumbangsih terhadap pendidikan. Beberapa kunjungan dari akademi sampai pengusaha dan petani dari luar Jawa telah datang berkunjung ke kebun tersebut. Dengan adanya kebun tersebut juga mendapat kunjungan dan Direktur Pengembangan Ekonomi Lokal dan seluruh tim untuk melihat secara langsung project pembiayaan dan melihat potensi budidaya citronella untuk mendapatkan akses pasar ekspor. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here