Home Pertanian iGrow Berkomitmen Kembangkan Ekosistem Bisnis Pertanian Modern

iGrow Berkomitmen Kembangkan Ekosistem Bisnis Pertanian Modern

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Agrozine.id – Sektor pertanian menjadi salah satu penggerak perekonomian negara dan memiliki peranan penting dalam menyokong kesejahteraan masyarakat. Melihat hal tersebut tentu kesejahteraan petani menjadi hal penting untuk diperhatikan. Telah berdiri selama 5 tahun, iGrow fokus pada bisnis pertanian digital, berkomitmen kembangkan ekosistem melalui berbagai kegiatan.

iGrow menjadikan petani sebagai mitra atau partner sehingga petani bisa mendapatkan pengetahuan untuk mengembangkan suatu komoditas tertentu bersama stakeholder lainnya di bisnis pertanian dengan cara berbeda yakni dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Dengan adanya kerja sama ini, petani bisa saling bahu membahu dan stakeholder dapat membantu petani untuk akses keuangan. Hal tersebut lah yang menjadi upaya dalam membantu membangun ekosistem bisnis pertanian, tumbuh bersama petani dan meningkatkan perekonomian petani.

iGrow Pilih Bisnis Pertanian Modern Setelah Pasokan Terbatas Dari Petani Lokal

Upaya ini dimulai dengan adanya pengetahuan yang baik tentang keterbatasan pasokan lokal seperti salah satunya di Kabupaten Lombok Utara yang merupakan daerah terparah terkena dampak gempa bumi di Lombok yang secara langsung juga berdampak pada petani.

Salah satu penyebab rendahnya produktivitas petani adalah kurangnya akses ke teknik pertanian modern dan akses terbatas untuk pembiayaan serta kondisi pasar yang tidak menentu. Selain itu, minimnya pendidikan sebagian besar petani di pedesaan juga menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan sulitnya akses untuk pembiayaan sehingga menghsilkan produktivitas yang rendah dan hasil panen yang tidak stabil.

iGrow sebagai bisnis pertanian modern membentuk satu program jangka panjang yaitu pembuatan irigasi tetes untuk tanaman jagung seluas 200 hektar di Lombok Utara untuk Kelompok Tani Keluarga Sejahtera yang merupakan gabungan dari para petani jagung berpengalaman. Selain itu iGrow juga memberikan pendampingan intensif kepada para petani melalui tim ahli penanaman jagung mitra operator iGrow, dimana pendampingan tersebut tidak hanya pada budidaya saja tetapi sampai pasca panen.

Baca Juga : Mengenal Ikan Gurami BIMA, Varietas Unggul Gurami Hibrida

Menggunakan modal yang terkumpul digunakan untuk membangun beberapa infrastuktur pasca panen seperti mesin pengering jagung sehingga membuat hasil produksi lebih aman dan hasil panen lebih stabil.

Baca Juga : Syngenta Seeds Adakan Pameran Sayuran Secara Digital

Jika dilihat upaya ini memberikan dampak yang positif bagi petani. Semakin membaik kinerja para petani, maka hasil produksi juga akan semakin meningkat sehingga pendapatan petani akan meningkat jika dibandingkan dengan pengeluarannya, yang artinya petani mendapatkan surplus. Konsep inilah yang dinamakan Nilai Tukar Petani.

Baca Juga : 5 Jenis Ikan Gurame untuk Budidaya

Untuk diketahui konsep nilai tukar petani adalah indikator yang digunakan untuk melihat indikator kesejahteraan petani melalui meningkatnya daya saing produk pertania jika dibandingkan dengan produk lain. Hal ini menjadi komitmen utama iGrow berkomitmen kembangkan ekosistem bisnis pertanian di era modernisasi saat ini. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here